NAILA RAHMAWATI, 120510817 (2009) IMPLIKASI PERCAKAPAN IKLAN SPOT BARANG DAN JASA DI RADIO ISTARA FM SURABAYA TINJAUAN PRAGMATIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-rahmawatin-13646-fsbi09-i.pdf Restricted to Registered users only Download (881kB) | Request a copy |
||
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-rahmawatin-16263-fsbi09-k.pdf Download (540kB) | Preview |
Abstract
Penelitian yang berjudul Implikasi Percakapan Iklan Spot Barang dan Jasa di Radio Istara FM Surabaya: Tinjauan Pragmatik ini menguraikan tentang implikasi percakapan yang terdapat dalam iklan spot di radio Istara FM. Iklan spot atau iklan rekam ditampilkan dengan bermacam-macam bentuk, salah satunya berbentuk dialog. Iklan spot berbentuk dialog dipilih karena format penyiarannya selalu sama. Berbeda dengan iklan adlib yang berbeda tiap kali disiarkan karena sangat bergantung pada improvisasi penyiar. Dalam penelitian ini dirumuskan permasalahan bagaimanakah bentuk iklan spot barang dan jasa di Radio Istara FM. Selanjutnya dirumuskan pula bagaimana implikasi percakapan dalam iklan spot barang dan jasa tersebut. Penelitian ini memikili tujuan untuk mengetahui bentuk iklan spot barang dan jasa serta implikasi percakapan yang terdapat dalam iklan spot barang dan jasa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode rekam, simak, dan catat. Penelitian ini bersifat deskriptif. Data penelitian didapatkan dengan cara mendengarkan sekaligus menyimak siaran radio Istara FM khususnya iklan spot yang berbentuk dialog. Teori yang digunakan adalah implikasi percakapan, praanggapan, dan maksim kerja sama Grice. Semua teori ini membantu untuk mengetahui implikasi percakapan dan memahami pesan dalam iklan tersebut. Hasil penelitian ini adalah bentuk iklan spot barang dan jasa yang ditemukan dan dijadikan data, semuanya berupa dialog. Implikasi percakapan yang ditemukan pada iklan spot barang dan jasa di radio Istara FM berupa ajakan kepada pendengar untuk membeli, menggunakan, atau mengikuti pesan dalam iklan spot dengan gaya penyampaian yang disertai dengan unsur humor sehingga pendengar tertarik dengan iklan spot. Selain implikasi percakapan, ditemukan pula penerapan dan pelanggaran terhadap maksim kerja sama. Maksim yang sering dilanggar adalah maksim kuantitas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FS BI 09 / 10 Rah i | ||||||
Uncontrolled Keywords: | ADVERTISING IN MASS MEDIA; BROADCASTING ADVERTISING | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising | ||||||
Divisions: | 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Mrs. Djuwarnik Djuwey | ||||||
Date Deposited: | 15 Mar 2011 12:00 | ||||||
Last Modified: | 09 Sep 2016 08:08 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26965 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |