MAKNA SIMBOL-SIMBOL PADA IKLAN ROKOK A MILD : ANALISIS SEMIOTIK IKLAN A MILD VERSI KALAU BENDA BISA NGOMONG

Purwatiningsih, Eni, NIM. 120010223 (2008) MAKNA SIMBOL-SIMBOL PADA IKLAN ROKOK A MILD : ANALISIS SEMIOTIK IKLAN A MILD VERSI KALAU BENDA BISA NGOMONG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-purwatinin-7359-fsbi04-k.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (full text)
gdlhub-gdl-s1-2008-purwatinin-7326-fsbi04-m.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam upaya mempertahankan brand yang sudah mapan, pada bulan Maret 2004, Sampoerna A Mild merilis iklan secara bertahap yang terangkum dalam seri Bukan Basa Basi versi Kalau Benda Bisa Ngomong. A-Mild versi Kalau Benda Bisa Ngomong tersebut mengandung kritik terhadap isu-isu sosial politik yang sedang aktual di tengah masyarakat Indonesia, peneliti berupaya melihat makna dari simbol-simbol yang ada pada iklan-iklan A Mild versi Kalau Benda Bisa Ngomong, yang sebelumnya dipaparkan konteks kultural dan konteks situasi yang melatar-belakangi muncul iklan tematik versi ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Semiotik, dengan konsep semiotik sosial Halliday sebagai konsep analisis dalam penelitian ini yang terdiri atas teks dan gambar visual melalui tiga tahapan yaitu pada konteks situasi, konteks kultural dan deskripsi teks. Selanjutnya iklan tersebut dikategorisasikan menurut jenis tanda berdasarkan icon, index, dan symbol dengan menggunakan konsep semiotik Peire. Hasil analisis menunjukkan bahwa pernyataan-pernyataan pada rangkaian iklan A-Mild versi kalau benda bisa ngomong, sesungguhnya merupakan wujud dari upaya pengungkapan kecurangan, kemunafikan, kesombongan, dan sifat buruk manusia yang terpola dalam realita keseharian mereka. Berdasarkan interpretasi peneliti terhadap rangkaian pernyataan yang diusung A-Mild, terungkap adanya gejala perubahan sosial dalam masyarakat kita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 04/08 Pur m
Uncontrolled Keywords: ADVERTISING - PROMOTIONS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P325-325.5 Semantics
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
Purwatiningsih, Eni, NIM. 120010223UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEddy Sugiri, Drs., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 10 Jul 2008 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 19:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27382
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item