Meilany Anjani (2015) Pengelolaan Perjanjian Layanan Teknologi Informasi Menggunakan Kerangka Kerja Cobit 5 Pada Proses Apo09 Studi Kasus Di PT. Petrokimia Gresik. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN .pdf Download (320kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (267kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (355kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (251kB) |
|
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 28 May 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 28 May 2023. Download (415kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
7. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 28 May 2023. Download (388kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 28 May 2023. Download (236kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 28 May 2023. Download (631kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian untuk menganalisis tingkat kesadaran TI pada proses pengelolaan perjanjian layanan TI dan menganalisis capability level kondisi saat ini dengan yang diharapkan serta mendefinisikan suatu rancangan saran dan rekomendasi usulan kebijakan. Departemen Tekinfo merupakan penyedia layanan TI dalam mendukung dan membantu proses bisnis yang ada di PT. Petrokimia Gresik. Dalam prosesnya, Departemen Tekinfo PT. Petrokimia Gresik memenuhi permintaan sesuai yang dibutuhkan oleh setiap Departemen. Dalam melakukan sebuah perjanjian layanan TI diperlukan sebuah standar khusus tentang pengelolaan perjanjian layanan TI. Departemen Tekinfo belum memiliki standar dan prosedur khusus dalam pengelolaan perjanjian layanan TI. Oleh karena itu dilakukan penelitian tentang proses pengelolaan perjanjian layanan TI menggunakan kerangka kerja COBIT 5 pada proses APO09. Penelitian ini, dilakukan dalam 5 tahap yaitu tahap perumusan masalah dan pemetaan RACI chart, pembuatan kuesioner, penyebaran kuisioner di Departemen Tekinfo PT. Petrokimia Gresik, analisa hasil jawaban kuesioner, dan perancangan saran dan solusi perbaikan atas hasil analasis hasil jawaban kuisoner. Berdasarkan hasil analisis didapatkan nilai kinerja kepedulian TI terhadap pengelolaan perjanjian layanan TI adalah 2, dan pencapaian level kapabilitas saat ini berada pada level 3 P.A 3.1 process definition dan P.A 3.2 process development . Usulan tindakan perbaika dilakukan dalam 2 tahap yaitu pencapaian capability level 4 dan pencapaian capability level 5.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK ST. SI. 54/15 Anj p | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | COBIT 5, Perjanjian Layanan TI, Capability Level, Management Awarness | |||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology | |||||||||
Divisions: | 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | sukartini sukartini | |||||||||
Date Deposited: | 29 Dec 2015 12:00 | |||||||||
Last Modified: | 28 May 2020 13:50 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28188 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |