Ines Melita (2015) Penerapan Bat Algorithm (Ba) Untuk Menyelesaikan Vehicle Routing Problem (Vrp). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (798kB) |
|
Text
2. ABSTRAK .pdf Download (713kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (862kB) |
|
Text
4. BAB 1 .pdf Download (644kB) |
|
Text
5. BAB 2 .pdf Restricted to Registered users only until 18 May 2023. Download (808kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB 3 .pdf Restricted to Registered users only until 18 May 2023. Download (896kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only until 18 May 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB 5 .pdf Restricted to Registered users only until 18 May 2023. Download (636kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (693kB) |
Abstract
Vehicle Routing Problem (VRP) merupakan suatu permasalahan penentuan rute kendaraan yang digunakan untuk melayani pelanggan dengan melibatkan lebih dari satu kendaraan, sehingga diperoleh rute dengan jarak minimum tanpa melanggar kendala kapasitas muatan kendaraan. Skripsi ini menggunakan Bat Algorithm (BA) untuk menyelesaikan Vehicle Routing Problem (VRP). BA merupakan algoritma metaheuristik yang terinspirasi dari perilaku kelelawar dalam memancarkan gelombang suara yang disebut dengan echolocation. Dalam BA terdapat dua parameter penting yaitu pulse rate dan loudness yang dimiliki oleh setiap bat. Apabila nilai pulse rate kurang dari nilai bilangan real [0,1] yang diperoleh secara acak, maka akan dilakuakn proses local search disekitaran solusi terbaik yang terpilih (personal best solution). Jika nilai loudness lebih dari nilai bilangan real [0,1] yang diperoleh secara acak dan fungsi tujuan yang baru tidak lebih baik daripada fungsi tujuan sebelumnya, maka melakukan penurunan loudness dan penigkatan pulse rate. Program penyelesaian VRP menggunakan BA dibuat dalam bahasa pemrograman C++ serta diimplementasikan pada dua contoh kasus yaitu data kecil P-n19-k2 dengan 18 pelanggan dan 2 kendaraan serta data besar P-n101-k4 dengan 100 pelanggan dan 4 kendaraan. Diperoleh total jarak tempuh terbaik masing-masing yaitu 263,649 dan 2578.42. Berdasarkan hasil implementasi diperoleh bahwa semakin kecil nilai pulse rate awal serta semakin besar maksimum iterasi dan popsize maka solusi dari penyelesaian VRP cenderung semakin baik yaitu dengan total jarak tempuh minimum.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK MPM. 47-15 Mel p | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Vehicle Routing Problem (VRP), Bat Algorithm (BA), Algoritma | |||||||||
Subjects: | Q Science > QA Mathematics | |||||||||
Divisions: | 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | Mrs Nadia Tsaurah | |||||||||
Date Deposited: | 25 Aug 2015 12:00 | |||||||||
Last Modified: | 05 Jun 2020 02:53 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28553 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |