Penerapan Bat Algorithm (Ba) Untuk Menyelesaikan Vehicle Routing Problem (Vrp)

Ines Melita (2015) Penerapan Bat Algorithm (Ba) Untuk Menyelesaikan Vehicle Routing Problem (Vrp). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (798kB)
[img] Text
2. ABSTRAK .pdf

Download (713kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (862kB)
[img] Text
4. BAB 1 .pdf

Download (644kB)
[img] Text
5. BAB 2 .pdf
Restricted to Registered users only until 18 May 2023.

Download (808kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 3 .pdf
Restricted to Registered users only until 18 May 2023.

Download (896kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 18 May 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB 5 .pdf
Restricted to Registered users only until 18 May 2023.

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (693kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Vehicle Routing Problem (VRP) merupakan suatu permasalahan penentuan rute kendaraan yang digunakan untuk melayani pelanggan dengan melibatkan lebih dari satu kendaraan, sehingga diperoleh rute dengan jarak minimum tanpa melanggar kendala kapasitas muatan kendaraan. Skripsi ini menggunakan Bat Algorithm (BA) untuk menyelesaikan Vehicle Routing Problem (VRP). BA merupakan algoritma metaheuristik yang terinspirasi dari perilaku kelelawar dalam memancarkan gelombang suara yang disebut dengan echolocation. Dalam BA terdapat dua parameter penting yaitu pulse rate dan loudness yang dimiliki oleh setiap bat. Apabila nilai pulse rate kurang dari nilai bilangan real [0,1] yang diperoleh secara acak, maka akan dilakuakn proses local search disekitaran solusi terbaik yang terpilih (personal best solution). Jika nilai loudness lebih dari nilai bilangan real [0,1] yang diperoleh secara acak dan fungsi tujuan yang baru tidak lebih baik daripada fungsi tujuan sebelumnya, maka melakukan penurunan loudness dan penigkatan pulse rate. Program penyelesaian VRP menggunakan BA dibuat dalam bahasa pemrograman C++ serta diimplementasikan pada dua contoh kasus yaitu data kecil P-n19-k2 dengan 18 pelanggan dan 2 kendaraan serta data besar P-n101-k4 dengan 100 pelanggan dan 4 kendaraan. Diperoleh total jarak tempuh terbaik masing-masing yaitu 263,649 dan 2578.42. Berdasarkan hasil implementasi diperoleh bahwa semakin kecil nilai pulse rate awal serta semakin besar maksimum iterasi dan popsize maka solusi dari penyelesaian VRP cenderung semakin baik yaitu dengan total jarak tempuh minimum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM. 47-15 Mel p
Uncontrolled Keywords: Vehicle Routing Problem (VRP), Bat Algorithm (BA), Algoritma
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
Ines MelitaNIM081112031
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHerry SuprajitnoNIDN0004046803
Thesis advisorMiswantoNIDN0002046803
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 25 Aug 2015 12:00
Last Modified: 05 Jun 2020 02:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28553
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item