Pengawasan Disiplin Kerja (Studi Deskriptif Tentang Upaya Supervisor Dalam Pengawasan Disiplin Kerja Karyawan Di Bagian F&B Product Jambuluwuk Batu Village Resort & Convention Hall)

RENI KUMALAWATI (2015) Pengawasan Disiplin Kerja (Studi Deskriptif Tentang Upaya Supervisor Dalam Pengawasan Disiplin Kerja Karyawan Di Bagian F&B Product Jambuluwuk Batu Village Resort & Convention Hall). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (COVER)
1. COVER .pdf

Download (356kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAKS.pdf

Download (257kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (268kB)
[img] Text (BAB 1)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (529kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sebagai salah satu resort wisata yang menawarkan pemandangan indah dan akomodasi dengan fasilitas bintang lima di kota Batu serta resort yang memiliki tingkat hunian tinggi jika akhir pekan dan hari libur, Jambuluwuk Batu Village Resort & Convention Hall dituntut untuk selalu memberikan pelayanan yang maksimal kepada setiap tamu yang datang. Pelayanan yang maksimal dapat terwujud jika di dukung dengan sumber daya manusia yang memadai. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya supervisor dalam pengawasan disiplin kerja karyawan F&B Product Jambuluwuk Batu Village Resort & Convention Hall beserta kendalanya Penelitian ini bersifat deskriptif-kualitatif. Analisis data dilakukan sejak observasi berlangsung dengan cara deskriptif-kualitatif. Data dan informasi yang diperoleh di lapangan yang sesuai dengan masalah penelitian, diseleksi kemudian dideskripsikan secara kualitatif. Data berupa kalimat diinterpretasikan untuk mengetahui makna yang terkandung di dalamnya dan untuk memahami keterkaitan dengan permasalahan yang sedang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya supervisor dalam pengawasan disiplin kerja karyawan F&B Product Jambuluwuk Batu Village Resort & Convention Hall adalah menetapkan standar pengawasan dengan cara memberikan pengarahan dan konseling, memberikan teguran lisan, dan sanksi. Supervisor melakukan penilaian disiplin kerja dengan key performance indicator dan berupaya mengawasi disiplin kerja terhadap kehadiran karyawan melalui pemerikasaan absen menggunakan fingerprint, penyusunan schedule kerja karyawan, dan penggunaan seragam sedangkan kendalanya adalah masih adanya karyawan yang tidak mematuhi peraturan yang dibuat serta beberapa karyawan yang mengajukan permit (pertukaran shift antarteman) tanpa alasan yang kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FV PW 44/15 Kum p
Uncontrolled Keywords: LABOR DISCIPLINE, Disiplin Kerja, Food And Beverage, Product Jambuluwuk Batu Village Resort And Convention Hall, Deskriptif Kualitatif
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
RENI KUMALAWATINIM071210213012
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Emma Suriani, S.Sos., M.Si.NIDN 0023127502
Thesis advisorDian Yulie ReindrawatiNIDN0007077604
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 25 Aug 2015 12:00
Last Modified: 18 May 2020 01:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28593
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item