Tomy Agus Riyanto, 041112260 (2016) ANALISIS SISTEM ANTRIAN PELAYANAN JASA CLEANING KAPAL MUATAN MINYAK CPO (KELAPA SAWIT) PADA CV ROSALIA DI SURABAYA DENGAN MENGGUNAKAN TEORI ANTRIAN UNTUK MENGURANGI BIAYA PELAYANAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
B 48-16 Riy a - ADLN.pdf Download (483kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
11. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 2)
12. BAB 2 LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 3)
13. BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 4)
14. BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 5)
15. BAB 5KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
17. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (815kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi sistem antrian pada CV. Rosalia Surabaya, berdasarkan simulasi dan analisa teori antrian, serta untuk memberikan perhitungan teori antrian dan simulasi guna mengurangi waktu antrian pada CV. Rosalia di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, sumber data dan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Obyek penelitian adalah CV. Rosalia Surabaya. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan probabilitas terdapat 0 unit dalam sistem (Po) yaitu sebesar 0,04651 atau 4,65%, tingkat utilitas () sangat tinggi dengan nilai sebesar 1,352 artinya tingkat kesibukan server tinggi dalam sistem antrian. Alir dalam sistem antrian berjalan dengan baik karena jumlah rata-rata unit dalam sistem (Ls) sebesar 4. Waktu rata-rata yang dibutuhkan unit dalam sistem (Ws) adalah 77,966 jam (80 jam), jumlah unit ratarata yang menunggu dalam antrian (Lq) adalah sebesar 0,225 ( 0 unit). Waktu rata-rata yang dihabiskan oleh unit yang dilayani (Wq) sebesar 4,091 jam. Waktu rata-rata yang dibutuhkan oleh unit (kapal) untuk dilayani adalah server berkisar 4 jam. Berdasarkan usulan perbaikan dengan menambah 122 karyawan dengan 3 server mampu meningkatkan kinerja antrian dengan nilai Po sebesar 0,473684 (47,3%), nilai sebesar 22,2%, nilai Ls sebesar 0,807, nilai Ws sebesar 14,701 jam, nilai Lq sebesar 0,140 kapal, dan nilai Wq sebesar 2,557 jam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B.48/16 Riy a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Sistem Antrian, Simulasi, Kinerja Antrian, CV. Rosalia | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6977-7080 Cost and standard of living |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | sugiati | ||||||
Date Deposited: | 13 Apr 2016 12:00 | ||||||
Last Modified: | 13 Apr 2016 12:31 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29327 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |