ELVIRA ROSANA, 041211231084 (2016) ANALISIS PERBAIKAN KINERJA PADA UTILITAS LAYANAN KAPAL TUNDA PADA PT PELINDO MARINE SERVICE MENGGUNAKAN KONSEP SIX-SIGMA DI PT PELINDO III CABANG TANJUNG PERAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
B 76-16 Ros a ADLN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB I)
11. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (731kB) | Request a copy |
||
Text (BAB II)
12. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (731kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
13. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (731kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
14. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (731kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
15. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (731kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (848kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Pelabuhan merupakan segmen usaha yang dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan nasional. Pelabuhan dalam aktivitasnya mempunyai peranan strategis untuk pertumbuhan industri dan perdagangan. PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak dan PT Pelindo Marine Service yang merupakan cabang dan anak perusahaan dari PT Pelindo III, bersinergi untuk memberikan pelayanan jasa secara maksimal yaitu pelayanan terhadap kapal dan pelayanan terhadap muatan (baik barang maupun penumpang). Untuk dapat meningkatkan kinerja, perusahaan harus dapat mengukur kinerja berdasarkan empat perspektif KPI dalam balance scorecard, namun disamping perusahaan memperhatikan kinerja, perusahaan dituntut untuk dapat meningkakan kualitas pelayanannya agar dapat berkelanjutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja terendah pada indikator KPI dalam balance scorecard kemudian dilakukan perbaikan kualitas menggunakan DMAIC six-sigma jadi secara keseluruhan penelitian ini menggunakan metode Integrasi Balance Scorecard dan Six-sigma. Dalam penelitian ini kinerja terendah menurut KPI adalah utilitas kapal tunda yang tidak mencapai 80%. Setelah itu peneliti mengukur defect dengan menggunakan DPMO dan six-sigma berdasarkan CTQ yang telah ditentukan, maka diperoleh DPMO selama satu tahun sebesar 222.222 dan kapabilitas six-sigma sebesar 2,26, berarti defect pada proses pelayanan penundaan sangat tinggi. Untuk mengidentifikasi penyebab defect peneliti menggunakan Fishbone Diagram. Kemudian peneliti melakukan clusterisasi kapal tunda terhadap karakteristik dermaga dengan menggunakan pembobotan Analytic Hierarchy Process (AHP). Pada tahap terakhir peneliti memberikan usulan terhadap semua penyebab masalah dengan menggunakan 5W+1H. Hasil akhir penelitian ini adalah berupa usulan perbaikan tentang clusterisasi kapal tunda terhadap karakteristik dermaga, menyarankan melakukan pergantian kapal tunda secara berkala agar kapal tunda memiliki daya dan kekuatan yang sama, serta mengusahakan secara maksimal kepada Asisten manajer dan staf tambatan PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak agar waktu antri sandar tidak terlalu lama dan proses administrasi yang lebih di permudah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B.76/16 Ros a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Balance scorecard, KPI, Six-sigma, Diagram Fishbone, Analytic Hierarchy Process (AHP), 5W+1H, Defect | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | sugiati | ||||||
Date Deposited: | 21 Apr 2016 05:26 | ||||||
Last Modified: | 21 Apr 2016 05:26 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29652 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |