SEPTRIANTO MAULANA, 041211233077 (2016) ANALISIS PENGGUNAAN METODE LEAN SIX SIGMA UNTUK MENGIDENTIFIKASI TINGKAT CACAT PENGIRIMAN PUPUK IN-BAG PADA KAPAL INTAN 31 DAN KAPAL GRESIK NIAGA SERTA USULAN PERBAIKAN DENGAN METODE THEORY OF INVENTIVE PROBLEM SOLVING (TRIZ) (STUDI KASUS PADA PT. INTAN BORNEO WISESA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II TINJAUAN KEPUSTAKAAN)
12. BAB II TINJAUAN KEPUSTAKAAN.pdf.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
13. BAB III METODE PENELITIAN.pdf.pdf Download (40kB) | Preview |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
14. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
15. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (14kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
17. LAMPIRAN.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
PT. Intan Borneo Wisesa merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pelayaran. Perusahaan ini memiliki total 4 unit kapal general cargo. Aktivitas dari kapal tersebut adalah mengangkut barang curah (in-bulk) maupun barang dalam kantong (in-bag) seperti pupuk, biji kelapa sawit, dan semen. Kapal general cargo milik PT. Intan Borneo Wisesa beroperasi melayani pengangkutan di wilayah perairan Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1998 ini telah bekerja sama dan memiliki kontrak dengan beberapa perusahaan besar di Indonesia. Pelayanan yang baik serta kualitas jasa yang diberikan adalah fokus utama dari perusahaan agar dapat terus bersaing dalam industri bisnis dan juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Dengan melihat semakin tingginya permasalahan kantong pupuk yang robek , maka harus segera diatasi dengan cepat oleh manajemen perusahaan. Apabila tidak maka perusahaan akan mengalami kerugian secara terus-menerus dan loyalitas dari pelanggan pun akan semakin menurun. Dua aspek tersebut sangat berkaitan, apabila pelanggan sudah kecewa dan tidak ingin memakai lagi jasa tersebut maka konsumen otomatis berkurang, pemasukan berkurang, dan perusahaan akan merugi. Oleh karena itu digunakanlah pendekatan lean yang dikombinasikan dengan six-sigma untuk memberikan solusi dan rekomendasi, sistem seperti apakah yang tepat dan dapat dapat berjalan dengan baik di perusahaan. Adapun rekomendasi yang diberikan berdasarkan hasil penggunaan Defect per Million Opportunities (DPMO) untuk meneliti tingkat kinerja perusahaan dalam mengelola tingkat cacat (defect) dan menghasilkan output menjadikan perusahaan tersebut ke tingkat cacat nol (zero defect). Setelah penyebab defect dan waste sudah dapat diidentifikasi maka perusahaan diberikan usulan perbaikan yang tepat dengan menggunakan matriks Theory of Inventive Problem Solving (TRIZ) sebagai upaya meminimalkan defect dan waste tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B.129/16 Mau a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Lean Six-sigma, TRIZ, Diagram Fishbone, Service Value Stream Mapping | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '- | ||||||
Date Deposited: | 02 May 2016 06:37 | ||||||
Last Modified: | 12 Jun 2017 19:17 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30221 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |