Felicia Goenawan
(2008)
Gaya hidup dan kesesuaian iklan dengan vals konsumen loyal the body shop Surabaya.
Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Setiap perusahaan membutuhkan pemasaran untuk memasarkan produknya. Dimana pemasaran sendiri terdiri dari product, price, place dan promotion. Untuk melakukan promosi perusahaan perlu memperhatikan konsumennya. Penyampaian pesan kepada konsumen memerlukan cara tersendiri agar lebih efektif, yaitu dengan cara memahami konsumennya terutama konsumen yang sudah loyal. Dimana konsumen loyal akan menjadi gambaran bagi perusahaan terhadap konsumen potensial yang harus dipertahankan. Penelitian ini sangat diperlukan untuk memberikan gambaran kepada perusahaan tentang konsumen dan penggunaan media yang akan dipakai untuk melakukan komunikasi pemasaran dan memberikan gambaran penggunaan program VALS di asia terutama Indonesia. Pemahaman terhadap perilaku konsumen loyal ini dapat dilihat salah satunya dengan segmentasi pasar dari produk bersangkutan dalam hal ini The Body Shop. Psikografi konsumen merupakan salah satu dari lima segmentasi pasar. Psikografi konsumen dapat dilihat dengan melalui program penelitian Value and Lifestyles (VALS). VALS ini dibagi menjadi 8 kategori yaitu Fulfilleds, Believers, Strugglers, Actualizers, Achievers, Strivers, dan Makers yang masing-masing akan menggambarkan ciri-ciri dari nilai dan gays hidup konsumen. VALS dilihat dari dua pertimbangan yaitu Self-Orientation dan Consumer Resources. Penelitian ini melibatkan 100 responden the Body Shop di Surabaya yang termasuk dalam kategori konsumen loyal, yaitu talah melakukan pembelian minimal 2 kali atau melakukan pengulangan pembelian pada produk yang sama. Hasil dari penelitian muncul dua kategori besar VALS yaitu Strivers dan Experincers. Strivers memiliki ciri termasuk dalam pendapatan yang agak terbatas dan penggunaan media dengan pengeluaran terbesar untuk makan. Sedangkan experiencers pengeluaran terbesar pada fashion dan dengan sumber pendapatan kategori A. Sama dengan strivers experiencers termasuk dalam kategori penggunaan media sedang. Dengan mengadakan kampanye dan menggunakan media majalah atau memasang iklan di cafe dapat menjangkau konsumen loyal. Iklan ini akan berupaya untuk menunjang status sosial konsumen The Body Shop. Dengan hasil penelitian ini diharapkan adanya pertimbangan dari perusahaan untuk lebih memperhatikan adanya perbedaan karakteristik konsumen disetiap daerah. Sehingga program komunikasi pemasaran yang akan atau sedang dibuat tepat pada sasaran dan sesuai dengan karakteristik responden The Body Shop.
Actions (login required)
|
View Item |