PARAMETER KINERJA PELAYANAN PUBLIK: Studi tentang Pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sidoarjo

Sri Purwati (2006) PARAMETER KINERJA PELAYANAN PUBLIK: Studi tentang Pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sidoarjo. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-purwatisri-7602-tmppl01-k.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
2.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengukuran kinerja terhadap suatu pelayanan publik adalah isu yang berkembang pada beberapa tahun terakhir. Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan bahwa kinerja pelayanan publik di Indonesia maka perlu dilakukan penelitian terhadap suatu kinerja pelayanan publik didaerah khususnya pelayanan publik yang diselenggarakan Kabupaten Sidoarjo yakni pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Penelitian ini diharapkan dapat memetakan dan mendiskripsikan kinerja pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sidoarjo. Selanjutnya penelitian ini menggunakan metode deskriptif agar dapat mendeskripsikan keadaan subyek/obyek penelitian berdasarkan fakta-fakta lapangan. Sumber data primer diperoleh dari pejabat struktural, petugas yang langsung berhadapan dengan pengguna jasa serta dari pihak pengguna jasa sendiri. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja pelayanan publik yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sidoarjo tergolong cukup baik hanya saja pertama bila dilihat dari sisi akuntabilitas pelayanan publik kurang akuntabel dan tidak konsisten dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jasa. Seharusnya petugas dalam memberikan pelayanan tidak terpaku pada prosedur tetap saja tetapi harus kreatif dan berani memberikan solusi terhadap permasalahan pengguna jasa. Kedua dari sisi orientasi terhadap pelayanan, petugas masih belum sepenuhnya berkonsentrasi penuh terhadap pelayanan publik karena rata-rata petugas memiliki pekerjaan lain diluar tugasnya sebagai pelayanan masyarakat. Selanjutnya ketiga masalah pemberian insentif pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sidoarjo hanya didasarkan pada ketentuan formal, gaji, dan insentif cenderung mengabaikan internal equity dan external equity. Bentuk saran yang direkomendasikan adalah dengan penyusun dan mengaplikasikan customers charter dalam penyelenggaraan pelayanan publik, melakukan evaluasi secara teratur dengan periode waktu yang relatif singkat serta membangun sistem pemberian penghargaan yang relevan dengan beban kerja, keahlian dan harga kebutuhan pokok untuk hidup layak.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMPPL 01/08 Pur p
Uncontrolled Keywords: Public service, service performance, performance measurement.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Manajemen Pemerintahan dan Politik Lokal
Creators:
CreatorsNIM
Sri PurwatiNIM090310673-L
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGitadi Tegas S, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorWisnu Pramutanto P, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 02 Jul 2019 06:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34457
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item