Pengaruh Identitas Sosial Terhadap Kepercayaan dan Norma Kelompok Serta Dampaknya Terhadap Online Helping Behavior pada Forum Online Facebook Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia

Achmad Husni Mulkan (2015) Pengaruh Identitas Sosial Terhadap Kepercayaan dan Norma Kelompok Serta Dampaknya Terhadap Online Helping Behavior pada Forum Online Facebook Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (657kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (176kB)
[img] Text (BAB 1)
3. BAB 1.pdf

Download (171kB)
[img] Text (BAB 2)
4. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 5 May 2023.

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
5. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 5 May 2023.

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
6. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 5 May 2023.

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
7. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only until 5 May 2023.

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 5 May 2023.

Download (952kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

The American Academy of Pediatrics (AAP) sangat menganjurkan pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama dan menyusui berlanjut selama setidaknya 12 bulan. Menurut laporan IDHS (Indonesian Demographic and Health Survey) 2012 di Indonesia terdapat 41% anak di bawah enam bulan yang mendapatkan ASI eksklusif dan 77% anak yang melanjutkan sampai berumur satu tahun. Pengetahuan yang kurang dan tidak adanya Peran aktif tenaga medis mengakibatkan penurunan Ibu menyusui di Indonesia. AIMI berdiri untuk mengkampanyekan pentingnya memberikan ASI kepada anak. AIMI menyadari kurangnya kesadaran Ibu untuk menyusui di Indonesia. Oleh karena itu forum online Facebook AIMI dibentuk untuk membantu Ibu yang mengalami kesulitan dalam menyusui sehingga memerlukan saran serta informasi dari Ibu-Ibu lain yang lebih berpengalaman. Seorang Ibu bisa memposting pertanyaan pada forum online Facebook AIMI untuk mendapatkan informasi dan saran yang dibutuhkan. Online helping behavior seperti ini terjadi dalam forum online Facebook AIMI. Penelitian ini berusaha menjelaskan bagaimana online helping behavior pada komunitas virtual terjadi. Penelitian ini menggunakan identitas sosial, kepercayaan, dan norma kelompok untuk menjelaskan online helping behavior.Penelitian ini menggunakan kuesioner online yang disebarkan kepada anggota forum online Facebook AIMI. Forum online Facebook AIMI memiliki 129.879 orang anggota. Responden dipilih berdasarkan judgement sampling.Hanya anggota yang pernah sedikitnya satu kali memposting di forum online Facebook AIMI yang dapat menjadi responden. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa identitas sosial memiliki pengaruh signifikan terhadap kepercayaan dan norma kelompok. Selanjutnya kepercayaan dan norma kelompok memiliki pengaruh signifikan terhadap online helping behavior pada forum online Facebook AIMI. Penelitian ini menawarkan kontribusi untuk akademisi dan praktisi mengenai komunitas virtual dan relationship marketing. Keterbatasan dan rekomendasi penelitian ini juga telah disajikan dibagian akhir penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 100/15 Mul p
Uncontrolled Keywords: GROUP IDENTITY; VIRTUAL COMUNITY; ONLINE HELPING BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Achmad Husni MulkanNIM041012144
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSony KusumasondjajaNIDN0001057604
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 09 Mar 2015 12:00
Last Modified: 05 May 2020 07:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/3455
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item