ANALISIS SEMIOTIKA VISUAL MODEL PEREMPUAN DALAM IKLAN SABUN LUX PADA KAMPANYE IKLAN PRINT AD MAJALAH FEMINA TAHUN 2007 - 2011

FAUZI PRIAMBODO, 070946041 (2012) ANALISIS SEMIOTIKA VISUAL MODEL PEREMPUAN DALAM IKLAN SABUN LUX PADA KAMPANYE IKLAN PRINT AD MAJALAH FEMINA TAHUN 2007 - 2011. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-priambodof-23988-7.abst-t.pdf

Download (70kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-priambodof-23988-17full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Iklan dan perempuan keberadaannya tidak bisa dipisahkan, karena perempuan memiliki kekuatan dalam membantu menjual produk yang diiklankan. Perempuan sering menjadi alternatif pilihan sebagai objek yang dapat menciptakan daya tarik serta membangun citra. Iklan produk yang memperlihatkan kecenderungan penggunaan model iklan perempuan terlihat pada iklan-iklan sabun mandi, dimana biasanya hal-hal yang berhubungan dengan sabun mandi seringkali dikaitkan pada dunianya perempuan. Tampilan iklan perempuan sengaja dimunculkan sebagai pendamping produk dengan memilih kostum yang sedikit sensual, seksi dan gaya yang erotis. Tujuan dalam penelitian ini adalah pertama menganalisis keberadaan perempuan dalam iklan sabun mandi Lux menjadi komoditas utama. Kedua, menganalisis makna konotasi dan denotasi yang terkandung dalam bahasa tubuh perempuan yang terdapat di iklan sabun Lux pada kampanye iklan print ad Majalah Femina tahun 2007-2011. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika sebagai alat analisisnya. Pembacaan visual model perempuan dalam iklan sabun Lux dilakukan dengan berdasarkan denotasi dan konotasi dari Roland Barthes. Objek penelitian ini adalah visual iklan sabun Lux yang menggunakan model wanita pada kampanye iklan print ad majalah Femina tahun 2007-2011 yang meliputi versi Alice Gardin, Dian Sastro, Luna Maya dan Atiqah Hasiholan. Tampilan kampanye iklan sabun lux dalam berbagai versi mempresentasikan suatu makna bahwa pemakaian varian produk sabun lux mampu memenuhi kebutuhan wanita agar selalu merasakan kebahagiaan, kesegaran dan rasa percaya diri dalam lingkup kemewahan. Dalam iklan sabun mandi lux mengkonstruksi sebuah batasan atau definisi yang sama mengenai keindahan kulit wanita, yaitu memiliki kulit yang putih, bersih, halus dan sehat berkilau. Citra ini makin diperkuat dengan hadirnya model iklan yang dipasang, seakan-akan mereka merupakan wanita yang memiliki keindahan kulit yang ideal

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.01-12 Pri a
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Iklan, Perempuan dan Sabun Lux
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1442-1448 Women
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
FAUZI PRIAMBODO, 070946041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRachmah Ida, Dra., M.Comms., Ph.DUNSPECIFIED
Thesis advisorYan Yan Cahyana, Drs., M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 11 Oct 2016 06:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36950
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item