AKOMODASI KOMUNIKASI ANTARA PENGGUNA (USER) DAN PENGIKUT (FOLLOWER) AKUN TWITTER BLOOD FOR LIFE INDONESIA

Reza Mehdi Fauzi, 071146004 (2013) AKOMODASI KOMUNIKASI ANTARA PENGGUNA (USER) DAN PENGIKUT (FOLLOWER) AKUN TWITTER BLOOD FOR LIFE INDONESIA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-fauzirezam-27415-4.abst-k.pdf

Download (34kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-fauzirezam-27415-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Twitter merupakan salah satu situs jejaring sosial yang menggunakan internet dengan informasi yang beragam. Diantaranya akun twitter @Blood4LifeID yang menjadi jembatan antara pengguna dengan follower sebagai media informasi kebutuhan donor darah. Ketersediaan darah terkadang menjadi kendala bagi pemohon yang kesulitan mendapatkan informasi tentang stok darah di beberapa tempat seperti PMI dan rumah sakit. Untuk itu, pemohon harus segera mencari informasi yang tepat dan cepat. Komunitas Blood For Life Indonesia hadir membantu pemohon mendapatkan informasi kebutuhan darah melalui akun twitter @Blood4LifeID sebagai jembatan informasi yang diharapkan dapat dibaca oleh follower dan ditanggapi sesuai informasi yang dibutuhkan melalui percakapan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Bagaimana akomodasi komunikasi antara pengguna (user) dan pemgikut (follower) akun twitter Blood For Life Indonesia?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akomodasi komunikasi antara pengguna dengan follower akun twitter Blood For Life Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan tekstual. Subyek penelitian ini adalah pengguna dan follower akun twitter @Blood4LifeID. Adapun sumber datanya menggunakan teknik dokumentasi rekaman percakapan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman, yaitu Data Reduction, Data Display, Conclusing Drawing/Verivication. Berdasarkan analisis rekaman percakapan akun twitter @Blood4LifeID diperoleh akomodasi komunikasi yang terjadi antara pengguna dengan follower. Pertama adalah memenuhi kesesuaian, kesamaan, dan kesepahaman tentang informasi kebutuhan donor darah (convergence). Dan kedua yaitu pelebaran, ketidaksamaan, atau perbedaan pemahaman tentang informasi kebutuhan darah (devergence). Informasi-informasi tersebut nama pasien, golongan darah, jenis penyakit, jumlah kantong yang dibutuhkan, nomor kontak pendamping pasien, serta kegiatan donor darah lainnya. Bentuk informasinya berupa berupa percakapan tentang pertanyaan maupun pernyataan yang saling berinteraksi antara pengguna dengan follower seperti urgent,red alert, green update, white update, stand by donor, dan info donor darah. Sumber informasi berasal dari pengguna atau follower akun twitter @Blood4LifeID yang telah melalui proses verifikasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.17/13 Fau a
Uncontrolled Keywords: Akomodasi Komunikasi, Pengguna, Follower, Twitter, Blood For Life Indonesia
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Reza Mehdi Fauzi, 071146004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMustain Mashud, Prof., Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorSri Moerdijati, Dra., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2016
Last Modified: 11 Jun 2017 18:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37381
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item