STRATEGI ADVOKASI MEREK KOMUNITAS @nokianesia DI TWITTER

Arum Martikasari, 071146003 (2013) STRATEGI ADVOKASI MEREK KOMUNITAS @nokianesia DI TWITTER. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-martikasar-27416-4.abst-k.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-martikasar-27416-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Advokasi Merek Komunitas @nokianesia di Twitter”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi apa saja yang digunakan oleh @nokianesia sebagai komunitas merek virtual dalam mengadvokasi merek Nokia terhadap follower-nya di Twitter. @nokianesia adalah sebuah komunitas virtual independent yang didirikan oleh pengguna Nokia, bertujuan sebagi media berbagi informasi dan membantu pengguna lain untuk memaksimalkan penggunaan devices-nya. Dalam perkembangannya @nokianesia tetap konsisten sebagai komunitas pengguna yang tidak berafiliasi dengan Nokia dan Nokia Indonesia. Sejak resmi berdiri tahun 2012 hingga saat ini @nokianesia telah memiliki lebih dari 2500 follower dan terus bertambah setiap harinya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dekriptif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Sasaran dalam penelitian ini adalah akun @nokianesia di Twitter, yang merupakan akun pseudonim dan dibuat oleh para pengguna setia Nokia. Unit analisnya adalah strategi advokasi merek @nokianesia terhadap follower-nya. Dalam analisis data, peneliti menemukan ada sepuluh strategi yang digunakan @nokianesia. Lima strategi, adalah strategi advokasi merek berdasarkan konsep strategi mempertahankan loyalitas merek yang diutarakan Kotler dan Keller (2009), serta Ferrina Dewi (2008). Strategi tersebut adalah berinteraksi dengan pelanggan; mengembangkan program-progam pendukung yang dapat mempertahankan loyalitas follower; mempersonalisasikan pemasaran; menciptakan ikatan institusional; dan menciptakan pengalaman yang positif melalui interaksi dengan follower. Lima strategi lainnya merupakan pengembangan dari strategi dasar yang dikembangkan berdasarkan perspektif karakteristik dari media dan pelanggan pengguna media tersebut. Strategi-strategi tersebut adalah mempertahankan komitmen dan konsistensi para Admin terhadap tujuan diciptakannya akun; memiliki ciri khas yang membedakan @nokianesia dengan akun serupa sebagai positioning; membuat format dalam berinteraksi; memposisikan diri sebagai follower; dan menyediakan informasi ter-update, terpercaya, tanpa mengindahkan aspek kemudahan follower memahami informasi yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.18/13 Mar s
Uncontrolled Keywords: Advokasi Merek, Komunitas Virtual, Twitter
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Arum Martikasari, 071146003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHenry Subiakto, Dr., SH., MAUNSPECIFIED
Thesis advisorYan Yan Cahyana, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2016
Last Modified: 11 Jun 2017 18:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37382
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item