ANALISIS PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI KEPUASAN KERJA KARYAWAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA KANTOR PUSAT PT. PP DIRGANEKA)

ANDI BAGUS RUHENDRA, 041143001 (2013) ANALISIS PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI KEPUASAN KERJA KARYAWAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA KANTOR PUSAT PT. PP DIRGANEKA). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-ruhendraan-27596-9.abstr-k.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-ruhendraan-27596-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (920kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu kunci keberhasilan organisasi yakni pada gaya kepemimpinan yang diterapkan. Adanya manajemen baru di PT.PP Dirganeka secara bertahap melakukan perbaikan di bidang kualitas, keselamatan, dan kesehatan kerja di semua unit, pengawasan, dan pengendalian biaya, mutu, dan waktu, meningkatkan imbalan bagi karyawan secara bertahap, serta mengembangkan kemampuan di PP University yang merupakan implementasi perubahan budaya di awal 2012. Perubahan diharapkan meningkatkan kinerja karyawan. Selain itu, penelitian ini membahas tentang kepuasan kerja karyawan pada PT.PP Dirganeka. Dalam penelitian ini menggunakan metode sensus, yang mengambil seluruh anggota populasi sebagai sampel. Analisis data dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas serta menggunakan path analysis. Langkah-langkah yang dilakukan dalam path analysis adalah: 1) Pengembangan model teoritis, 2) Pengembangan diagram jalur untuk menunjukkan hubungan kausalitas, 3) Konversi diagram jalur ke dalam persamaan, 4) Pemilihan matriks input dan teknik estimasi atas model yang dibangun, 5) Uji asumsi model, dengan asumsi yang harus dipenuhi dalam pengujian model path analysis sebagai berikut: a) Variabel berskala interval/rasio, b) Outlier, c) Normalitas data, d) Multikoliniearitas, e) Hubungan bersifat rekursif/satu arah dalam sistem, dan f) Analisis koefisien jalur. Budaya organisasi mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan; kepemimpinan transformasional tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan; Kepuasan kerja karyawan tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan; budaya organisasi mempunyai pengaruh signifikan terhada kinerja karyawan; kepemimpinan transformasional mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan; budaya organisasi tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening; kepemimpinan transformasional tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM. 22/13 Ruh a
Uncontrolled Keywords: Organization Culture, Tranformational Leadership, Employee Work Performance, Employee Satisfaction
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
ANDI BAGUS RUHENDRA, 041143001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Sulasmi, Prof., Dr., M.Sc., PsiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2016
Last Modified: 15 Aug 2016 12:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37434
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item