RATNA PUSPITA SARI, 090810451 M (2010) WACANA GAYA HIDUP KELAS ATAS MASYARAKAT JAKARTA DALAM TAYANGAN ADVERTISING ”ONE STOP LIVING” DI METRO TV. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2011-sariratnap-18916-tsk021-k.pdf Download (313kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2011-sariratnap-15721-tsk0211.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Simbol-simbol yang muncul dalam tayangan iklan one stop living di Metro TV, telah membentuk sebuah wacana gaya hidup kelas atas masyarakat Jakarta. Tayangan iklan mengacu kepada realitas sosial dengan menangkap dinamika kehidupan masyarakat yang tercermin dalam kebiasaan, norma, nilai-nilai yang berkembang di masyarakat untuk kemudian dituangkan dalam iklan. Pada hakekatnya, sebuah iklan memiliki nilai sosial budaya yang dekat dengan realitas kehidupan masyarakat maupun konsumennya. Tayangan iklan yang diproduksi oleh Agung Sedayu Grup, telah mewacanakan sebuah gaya hidup kelas atas masyarakat Jakarta. Serta, telah memunculkan wacana realitas penggunaan tanda one stop living. Dengan pendekatan analisis wacana kirits (Critical Discourses Analysis) Fairclough, penelitian melakukan tiga pendekatan yaitu teks, discourses practice, dan sociocultural practice. One stop living merupakan sebuah identitas pribadi yang berkaitan erat dengan status seeking process muncul pada diri penghuni di kawasan mandiri dan modern tersebut. Tingginya pendapatan (income) mereka, telah membuat semakin tinggi pula prioritas untuk memperoleh perumahan yang baik, semakin tinggi pula prioritas untuk menempatkan identitas pribadi. Sedangkan hadirnya sebuah kawasan mandiri yang memberikan fasilitas lengkap kepada penghuninya merupakan sebuah sebuah solusi cemerlang yang bisa diambil oleh audiens dalam menghadapi rutinitas kehidupan kota Jakarta yang begitu padat.
Item Type: | Thesis (Thesis) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TSK 02 / 11 Sar w | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | concept, high class living style, one stop living, advertising, television | |||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ2042-2044 Life style P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media |
|||||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi |
|||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | Nn Anisa Septiyo Ningtias | |||||||||
Date Deposited: | 02 Sep 2016 13:37 | |||||||||
Last Modified: | 02 Sep 2016 13:38 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37910 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |