DIAGNOSIS PERUBAHAN PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK "ABC" DENGAN MENGGUNAKAN MODEL BURKE LITWIN

Muhammad Alwi, 041214353057 (2014) DIAGNOSIS PERUBAHAN PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK "ABC" DENGAN MENGGUNAKAN MODEL BURKE LITWIN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-alwimuhamm-34097-10.abst-k.pdf

Download (551kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-alwimuhamm-34097-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ASEAN-China Free Trade Area (ACFTA) yang akan dilaksanakan mulai tahun 2015 memberikan banyak tuntutan kepada organisasi yang ada di Indonesia untuk berubah menjadi lebih kompetitif. Bebasnya arus keluar masuk barang dan jasa diantara Negara-Negara ASEAN dan China tanpa ada penghalang tarif dan non-tarif akan memaksa persaingan menjadi lebih sengit. Kantor Akuntan Publik (KAP) “ABC” sebagai penyedia layanan jasa dibidang keuangan juga akan terdampak perubahan ini, untuk itu, KAP ABC terus melakukan perubahan dari berbagai aspek organisasi untuk dapat menguatkan posisinya bahkan ketika persaingan terbuka diresmikan. Penelitian ini menjabarkan proses perubahan yang terjadi di KAP ABC terkait dengan perubahan yang dilakukan dalam mempersiapkan diri menghadapi ACFTA pada 2015 dengan 12 elemen kunci diagnosa perubahan dari Model Burke Litwin. Elemen-elemen kunci tersebut adalah external environment, mission and strategy, leadership, organization culture, structure, management practice, systems (policies and procedures), work unit climate, task requirements and indivdual skills/abilities, motivation, individual needs and value, individual and organizational performance. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kulitatif dengan tipe penelitian eksplanatoris berupa holistic single case study pada KAP ABC dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumen internal. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa perubahan telah dilakukan oleh KAP ABC jauh sebelum ACFTA diberlakukan, dengan penginternalisasian visi organisasi kedalam budaya organisasi berlandaskan nilai-nilai organisasi yang ditanamkan. Banyak terdapat kemajuan dari usaha perubahan yang telah dilakukan, namun organisasi belum mengukur perubahan yang dilakukan, baik secara individu maupun organisasi secara keseluruhan. Penelitian ini menyimpulkan faktor-faktor yang mendukung perubahan yang harus terus dijaga dan faktor-faktor yang menghambat perubahan untuk terus diantisipasi sehingga perubahan terjadi dengan efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2. MM. 35-14 Alw d
Uncontrolled Keywords: Organizational Change, Change Diagnosis, Burke Litwin Model.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad Alwi, 041214353057UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPraptini Yulianti, Dra., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 11 Jun 2017 21:04
Last Modified: 11 Jun 2017 21:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39042
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item