Zukas Daisema Yusuf, 041310613038 (2016) EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI DALAM PROSES PENGADAAN BARANG DI HOTEL GARDEN PALACE SURABAYA. Other thesis, Universitas Airlangga.
Text (FULLTEXT)
157. 39766.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pariwisata sebagai suatu usaha, adalah suatu proses yang dapat menciptakan nilai tambah terhadap barang dan jasa yang telah diproses sebagai suatu produk. Sedangkan pengertian usaha pariwisata adalah kegiatan yang bertujuan menyelenggarakan jasa pariwisata atau menyediakan atau mengusahakan obyek daya tarik wisata, usaha sarana pariwisata dan usaha lain yang terkait di bidang tersebut. Industri pariwisata khususnya dalam bidang perhotelan semakin berkembang pesat dan menjamur di hampir seluruh kota besar di Indonesia terutama di Surabaya. Tidak hanya peningkatan secara kuantitas, tapi juga terjadi peningkatan secara fungsi dan kualitas. Hal ini tidak terlepas dari sarana dan prasarana yang ada, antara lain misalnya: pelayanan, lokasi, tema hotel, dan alat-alat yang dipergunakan. Berdasarkan pasal 14 Undang-undang Pariwisata Nomor 10 Tahun 2009, pengertian hotel adalah penyediaan akomodasi secara harian berupa kamar-kamar di dalam satu bangunan, yang dapat dilengkapi dengan jasa pelayanan makan dan minum, kegiatan hiburan dan fasilitas lainnya. Seiring dengan perkembangan waktu, fungsi dari hotel juga mengalami perubahan. Dahulu fungsi hotel hanya sebagai tempat bermalam sejenak bagi konsumen yang sedang melakukan perjalanan bisnis maupun berwisata dan tidak memiliki relasi di tempat tujuan. Namun saat ini sebagian besar hotel melakukan penambahan fasilitas penunjang seperti spa, healthy center, ballroom, kolam renang, fitness center, business center, dan lain-lain. Selain itu, hotel juga digunakan untuk acara-acara penting seperti resespsi pernikahan (wedding party), rapat (meeting), tunangan (engagement), seminar (wokshop), pesta ulang tahun (birthday party), dan lain sebagainya. Pada industri perhotelan, hotel beraktivitas 24 jam nonstop melakukan produksi barang dan jasa, sehingga bahan baku yang diperlukan sangat banyak. Salah satu produk yang dihasilkan oleh hotel adalah food & beverage, yang dikonsumsi oleh tamu hotel. Kitchen department, bagian yang mengelola semua bahan-bahan food menjadi makanan yang siap dihidangkan. Bahan-bahan minuman/ beverage dikelola oleh Bar, Mini Bar dan Pool Bar untuk menjadi berbagai jenis minuman yang siap dihidangkan untuk tamu.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FV.MP.14/16 Yus e | ||||||
Uncontrolled Keywords: | EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI; PENGADAAN BARANG; HOTEL GARDEN PALACE SURABAYA | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service |
||||||
Divisions: | 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Perhotelan | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '- | ||||||
Date Deposited: | 12 Jul 2016 01:34 | ||||||
Last Modified: | 15 Jun 2017 16:47 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39766 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |