ANALISIS KEMAMPUAN BELAJAR SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI PRESTASI HASIL LOMBA MATEMATIKA

Suzyanna, Dra. and Eko T jahyono, Drs. and Sediono, Drs. and Suliyanto, Drs. (1993) ANALISIS KEMAMPUAN BELAJAR SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI PRESTASI HASIL LOMBA MATEMATIKA. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK8.pdf

Download (360kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
fulltext8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam penelitian ini permasalahan yang dikemukakan adalah apakah terdapat perbedaan prestasi rata-rata hasil lomba Matematika diantara kelompok siswa tingkat SD kelas III kelas IV dan kelas V. Pemilihan permasalahan ini didasarkan atas pertimbangan bahwa siswa si3wa SD merupakan oalon intelektual yang dibutuhkan, kl-tususnya manfaat dari ilmunya. Tujuan dari penelitian lnl adalah ingin mengetahui apakah terdapat perbedaan prestasi rata-rata hasil lomba Matematika diantal'a kelclmpok Siawa Tingkat SD kela5 III, kelas IV dan kelas V. Pemilihan permasalahan ini didasarkan atas pertimbangan bahwa siswa siswa 3D merupakan calon intelektual yang dibutuhkan khususnya manfaat dari ilmunya. Seoara umum hipotesis y./;mg dikemukakan adalah tidak t.el' dapat perbedaan prestasi rata-rata hasil lomba Matematika Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siawa SD kelas II,kelas IV dan kelas VDEPDIKBUDCAM Genteng dan DEPDIKBUDCAM Rungkut. di Kodya Surabaya. dari masing-masing kelas sebanyak 20 siswa. Pengolahan data dilakukan dengan Uji Kruskal Walis yang sering disebut Uji H Kruskal Walis yakni uji untuk membandingkan 3 sampel atau lebih yang saling bebas. Da.ri penelitian lnl diharapkan terdapat perbedaan prestasi rata-rata hasil lamba Matematika, akan te'tapi setelah diuji ternyata dari kemampuan Siswa SD kelas III, kelas IV maupun kelaa V tidak menunjukkan perbedaan yang berarti. Perbedaan ini secal'a hipotetik karena bahan Matematika yang diajarkan di kelas III, kelas IV dan kelas V berbeda Selain itu adanya minat maupun bakat dari ruasing-masing siewa Hasil penelltian ini diharapkan dapat memberikan masukan pada Gl1ru--Guru Tingkat SD sebagai bahan kajian atau pertimbangan untuk meningkatkan sistern pengajaran, khusu::mya pengajaran dibidang Matematika dimasa yang akan data~g.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 372.7 Ana
Uncontrolled Keywords: matematika, hasil belajar
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q179.9-180 Research
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA299.6-433 Analysis
Divisions: Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Suzyanna, Dra.UNSPECIFIED
Eko T jahyono, Drs.UNSPECIFIED
Sediono, Drs.UNSPECIFIED
Suliyanto, Drs.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 28 Oct 2016 20:21
Last Modified: 28 Oct 2016 20:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41910
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item