PENGARUH SOCIAL CUES TERHADAP CITRA SALON DIMODERASI OLEH KECENDERUNGAN KONSUMEN ATAS PENGARUH INTERPERSONAL PADA SALON JOHNNY ANDREAN DI PLAZA SURABAYA

AURORA RACHELTASIA PUSPITO USODO, 040419101 (2009) PENGARUH SOCIAL CUES TERHADAP CITRA SALON DIMODERASI OLEH KECENDERUNGAN KONSUMEN ATAS PENGARUH INTERPERSONAL PADA SALON JOHNNY ANDREAN DI PLAZA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-usodoauror-17116-abstrak-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (fulltext)
4210.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh social cues terhadap citra salon dimoderasi oleh kecenderungan konsumen atas pengaruh interpersonal pada salon Johnny Andrean di Plaza Surabaya. Social cues merupakan isyarat sosial yang berada di lingkungan dalam toko, dimana isyarat tersebut bisa mendorong kosumen untuk mengambil suatu keputusan. Semakin baik social cues yang ada pada lingkungan dalam toko maka semakin baik juga persepsi kosumen akan citra toko tersebut. Demikian juga pada lingkungan dalam salon, semakin baik social cues yang ada maka semakin baik pula citra salon tersebut. Disamping itu konsumen merupakan makhluk sosial yang memiliki kecenderungan untuk dipengaruhi oleh sikap orang lain, termasuk ketika konsumen akan mengkonsumsi barang atau jasa. Penelitian ini akan melihat apakah kecenderungan konsumen atas pengaruh interpersonal memodersi pengaruh antara social cues dengan citra salon. Penelitian ini menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan citra salon sebagai variabel tergantung (Y), social cues sebagai variabel bebas (X), dan kecenderungan konsumen atas pengaruh interpersonal sebagai variabel moderasi (Z). Dengan menggunakan teknik analisis ini maka dapat diketahui apakah kecenderungan konsumen atas pengaruh interpersonal merupakan variabel yang memoderasi pengaruh social cues terhadap citra salon. Setelah data yang diperoleh diolah, maka diketahui bagaimana hasil penelitian ini yang akan dijabarkan sebagai berikut: Y = 3,477 + 0,367 X + 0,202 Z + 0,109X.Z + e Dari persamaan linier diatas dapat diketahui bagaimana variabel bebas dan variabel moderasi berpengaruh terhadap variabel tergantung. Selain persamaan linier diatas juga dilihat bagaimana signifikansi uji F dan uji t. Dari hasil signifikansi uji F diketahui bahwa secara simultan variabel bebas dan variabel moderasi berpengaruh terhadap variabel tergantung. Sedangkan dari hasil signifikansi uji t, secara parsial variabel bebas dan variabel moderasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel tergantung, namun variabel interaksi (X.Z) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel tergantung. Sehingga kesimpulannya, kecenderungan konsumen atas pengaruh interpersonal bukan merupakan variabel moderasi antara social cues dengan citra salon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 133/10 Uso p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR, CONSUMER PREFERENCE
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
AURORA RACHELTASIA PUSPITO USODO, 040419101UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHJ.INDRIANAWATI USMAN, Dr.S.E.M.,seUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 26 Mar 2011 12:00
Last Modified: 13 Jun 2017 21:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4210
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item