Herman Setyono, MS., DRH. and M. Anam Al-Arif, MP., DRH. and MIRNI LAMID, MP., DRH. (2003) PEMAHAMAN MATERI KULIAH DENGAN METODE CASE STUDY, ROLE PLAY DAN PANEL FORUM. Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2007-setyonoher-4730-lp1607-k.pdf Download (311kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-res-2007-setyonoher-4730-lp1607-p-min.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam upaya meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi kuliah diperlukan suatu metode dan proses pembelajaran yang cukup efektif dan efisien guna meningkatkan nilai mutu atau hasil akhir evaluasi ujian mahasiswa. Mata kuliah Patologi Klinik (3 SKS) yang meliputi kuliah 2 SKS dan praktikum 1 SKS diberikan kepada mahasiswa semester V Fakultas Kedokteran Hewan UNAIR. Pada umumnya sistem perkuliahan ini disampaikan dengan ceramah. Oleh karena mahasiswa yang mengikuti cukup banyak sekitar ± 120 orang, maka hasil yang dicapai belum dapat mencapai nilai maksimal. Dalam penelitian ini digunakan metode kombinasi yaitu metode ceramah dan tutorial yang membahas kasus dan didiskusikan pada panel forum. Sehingga timbul suatu permasalahan apakah metode case � study, role � play dan panel forum merupakan metode yang efisien dan efektif untuk meningkatkan pemaharnan suatu materi kuliah ? Tujuan dari penerapan metode ini adalah meningkatkan pemahaman materi kuliah patologi klinik yang diharapkan dapat meningkatkan hasil evaluasi ujian dan nilai indeks prestasi mahasiswa. Proses belajar mengajar dengan menggunakan metode case study, role play dan panel forum ini diawali dengan kuliah umum (ceramah). Setelah mengikuti 3 kali perkuliahan mahasiswa diberi kasus (skenarlo) yang berkaitan dengan topik mata kuliah tersebut. Pada diskusi kasus ini mahasiswa dibagi menjadi 6 kelompok yang terdiri darn 18 � 20 mahasiswa, masing-masing dibimbing seorang dosen. Setiap kasus dibahas 3 x pertemuan, pertemuan I merupakan curah pendapat, pertemuan II analisis masalah diikuti tugas kelompok dan pertemuan III kesimpulan diakhiri dengan makalah individu. Nilai akhir ujian meliputi nilai kuiz, UTS, Ujian praktikum, Nilai Tutorial (keaktifan mahasiswa, nilai makalah dan UAS). Hasil akhir ujian setelah dilakukan evaluasi, maka dengan menggunakan metode case study, role play dan panel forum ini dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi perkuliahan patologi klinik, hal ini dapat ditunjukkan dengan peningkatan prosentase nilai AB, B dan BC dan penurunan nilai D dan E. Dari hasil kuesioner mahasiswa dapat diketahui dengan menggunakan metode ini mendorong mahasiswa belajar aktif dan meningkatkan interaksi antar mahasiswa maupun dengan dosen.
Item Type: | Other | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK LP.05/07 Wah h | ||||||||
Uncontrolled Keywords: | VETERINARY CLINICAL PATHOLOGY - STUDY AND TEACHING; TEACHING - AIDS AND DEVICES; STUDY SKILLS | ||||||||
Subjects: | Q Science > Q Science (General) > Q181-183 Study and Teaching T Technology > TS Manufactures > TS2284-2288 Animal feeds and feed mills. Pet food industry |
||||||||
Divisions: | 06. Fakultas Kedokteran Hewan Unair Research > Exacta |
||||||||
Creators: |
|
||||||||
Depositing User: | Nn Elvi Mei Tinasari | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jun 2017 21:33 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jun 2017 21:34 | ||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42660 | ||||||||
Sosial Share: | |||||||||
Actions (login required)
View Item |