ARBITRASE SEBAGAI ALTERNATIF PENYELESAIAN SENGKETA BISNIS (SUATU STUDI DI KOTAMADYA SURABAYA)

BASUKI REKSO WIBOWO, Prof. Dr., SH., MS (2014) ARBITRASE SEBAGAI ALTERNATIF PENYELESAIAN SENGKETA BISNIS (SUATU STUDI DI KOTAMADYA SURABAYA). UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-wibowobasu-32101-3.ringk-n.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Eksistensi arbitrase telah ada sejak jaman penjajahan dan diatur dalam berbagai perundangan yang saat ini substansinya sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan dunia bisnis, baik yang bersifat domestic maupun internasional. Kedudukan arbitrase sebagai �alternatif dispute resolution� memiliki beberapa keunggulan komparatif dibandingkan pengadilan yaitu: waktu penyelesaian cepat (quick), pemeriksaan bersifat pribadi dan rahasia (private and confidential), biaya perkara relative murah (inexpensive), dan diselesaikan oleh arbiter yang memiliki keahlian khusus dan sesuai dengan pokok sengketa (expert in subject matter of the disputes). Lembaga arbitrase belum banyak dimanfaatkan karena keberadaan arbitrase belum memasyarakatkan di kalangan pelaku bisnis, dan ditambah adanya pandangan konvensional yang mengira lembaga peradilan sebagai satu-satunya lembaga yang berwenang. Perlu segera dilakukan prioritas pembaharuan hukum di bidang arbitrase dalam bentuk penyaipan dan pengajuan RUU Arbitrase yang mengatur tentang kedudukan, fungsi, wewenang serta eksekusi putusan arbitrase domestic maupun asing. Di kalangan pengusaha perlu ditumbuhkan kesadaran baru tentang berbagai manfaat penyelesaian sengketa bisnis melalui arbitrase.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 347.09 Wib a-1
Uncontrolled Keywords: Arbitrase; sengketa; bisnis
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K2400-2405 Arbitration and award
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM
BASUKI REKSO WIBOWO, Prof. Dr., SH., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 21 Oct 2016 22:12
Last Modified: 21 Oct 2016 22:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43961
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item