KONSTRUKSI SOSIAL SISWA TERHADAP PRESTASI NON AKADEMIK (Studi Pada Siswa Berprestasi di SMA Negeri 5 Surabaya)

ROCHMA AYU KARTIKA, 071211433060 (2016) KONSTRUKSI SOSIAL SISWA TERHADAP PRESTASI NON AKADEMIK (Studi Pada Siswa Berprestasi di SMA Negeri 5 Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.S.66-16 Kar k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Prestasi merupakan hasil yang telah dicapai dari kerja keras yang dilakukan, dikerjakan dengan bersungguh-sungguh hingga dapat menyenangkan hati. Suatu prestasi juga dapat mengukur kemampuan seseorang dengan orang lain. Dengan berprestasi dapat melatih seseorang untuk berusaha semaksimal mungkin agar mendapatkan hasil yang baik dan dapat membanggakan bagi orang tua dan orangorang terdekat. Dalam berprestasi juga dapat menjadi hiburan, karena setiap perlombaan yang mereka ikuti mereka dapat bertemu dan berkenalan dengan orang baru yang dapat memperluas hubungan pertemanan. Berprestasi juga dapat mengembangkan potensi seseorang secara maksimal karena berani untuk bermimpi yang tinggi, memiliki ambisi untuk menang, selalu berusaha keluar dari zona nyaman agar dapat melatih diri untuk menjadi lebih baik, dan selalu memberi yang terbaik dalam setiap kesempatan. Penelitian ini bermaksud untuk menjawab fokus penelitian mengenai bagaimana konstruksi sosial siswa SMA Negeri 5 Surabaya terhadap prestasi non akademik ? Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Konstruksi Sosial dari Peter L. Berger dan Thomas Luckmann. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan fenomenologi sehingga menghasilkan temuan data yang bersifat deskriptif dan mendalam dari konstruksi pemikiran para informan. Informan yang terkait dengan penelitian ini diambil secara purposive dimana infoman memiliki kriteria dalam penelitian ini. Informan yang dipilih berjumlah 7 orang dan terdaftar sebagai siswa SMA Negeri 5 Surabaya. Lokasi penelitian ini di lakukan di SMA Negeri 5 Surabaya. Data yang dikumpulkan berasal dari wawancara mendalam terhadap informan serta melalui observasi non-partisipan. Hasil temuan data menunjukkan bahwa siswa SMA Negeri 5 Surabaya mulai mengkonstruksi tentang berprestasi dari proses ekternalisasi, objektivasi, hingga pada internalisasi. Berprestasi bermula pada didikan dari keluarga agar anaknya menjadi yang terbaik dari orang lain. Dalam berprestasi, seorang anak bukan hanya membutuhkan dukungan dari keluarga, namun dari sekolah dan teman-temannya juga sangat penting.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.S.66/16 Kar k
Uncontrolled Keywords: Konstruksi, Prestasi Non Akademik, Siswa SMA Berprestasi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
ROCHMA AYU KARTIKA, 071211433060UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSudarso, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 16 Sep 2016 02:43
Last Modified: 20 Dec 2017 23:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45236
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item