PENDEKATAN PSIKONEUROIMUNOLOGI (PNI) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI SEMBUH DAN PENURUNAN KADAR KORTISOL SERTA GLUKOSA DARAH PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE 2 YANG MENERAPKAN TERAPI ZIKIR

RIFKA PAHLEVI, 131414153005 (2016) PENDEKATAN PSIKONEUROIMUNOLOGI (PNI) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI SEMBUH DAN PENURUNAN KADAR KORTISOL SERTA GLUKOSA DARAH PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE 2 YANG MENERAPKAN TERAPI ZIKIR. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (351kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TKP.14-16 Pah p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Kadar glukosa darah terkontrol merupakan salah satu indikator kesuksesan pengelolaan diabetes. Persepsi yang positif dengan penguatan aspek spiritual akan membantu memperbaiki motivasi pasien DM tipe 2 untuk mengontrol kadar glukosa darah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh zikir terhadap kadar glukosa darah pasien DM tipe 2. Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan quasy experiment dengan pendekatan pre test dan post test control group design. Sampel diambil dari populasi pasien DM tipe 2 yang sedang menjalani rawat inap di ruang Penyakit Dalam Rumkital Dr. Ramelan Surabaya yang memenuhi kriteria inklusi, terdiri dari kelompok perlakuan (n=10) dan kelompok kontrol (n=9). Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini yaitu motivasi sembuh, kadar kortisol dan kadar glukosa darah puasa. Pengumpulan data mengunakan kuesioner dan pemeriksaan laboratorium, kemudian dianalisis menggunakan paired t-test dan independent t-test dengan nilai α<0,05. Hasil dan analisis: Hasil uji statistik menunjukkan bahwa motivasi sembuh meningkat (p = 0,001), kadar kortisol turun (p = 0,058) dan kadar glukosa darah turun (p = 0,028) setelah pemberian terapi zikir pada pasien DM tipe 2. Terdapat perbedaan signifikan pada motivasi sembuh, pasien DM tipe 2 yang mengikuti intervensi standar ruangan disertai zikir dibandingkan dengan yang hanya mengikuti intervensi standar ruangan (p = 0,000). Diskusi dan kesimpulan: Terapi zikir meningkatkan motivasi sembuh pasien DM tipe 2 melalui penguatan kesadaran dan kepercayaan spiritualitas kepada Allah SWT sehingga membentuk stress perception yang positif. Stress perception positif akan berpengaruh terhadap stress response yaitu perbaikan regulasi glukosa darah melalui jalur HPA axis dengan menekan sekresi CRH, ACTH dan kortisol. Oleh karena itu zikir perlu diterapkan oleh pasien DM tipe 2 untuk memperbaiki persepsi melalui penguatan kepercayaan spiritualitas, sehingga motivasi sembuh meningkat yang membantu mengontrol kadar glukosa darah.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP.14/16 Pah p
Uncontrolled Keywords: zikir, diabetes mellitus tipe 2, motivasi untuk sembuh, kortisol,glukosa darah.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL1-2790 Religions, Mythology, Rationalism
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
RIFKA PAHLEVI, 131414153005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuhartono Taat Putra, Prof. Dr., dr., MSUNSPECIFIED
Thesis advisorSriyono, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp.Kep.MBUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 04 Nov 2016 00:36
Last Modified: 22 Mar 2018 20:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45509
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item