PROSES SOSIALISASI BUDAYA ORGANISASI PERUSAHAAN PADA KARYAWAN BARU PT PETROGAS JATIM UTAMA SURABAYA

RAHMANIA ZYLFI, 071414853007 (2016) PROSES SOSIALISASI BUDAYA ORGANISASI PERUSAHAAN PADA KARYAWAN BARU PT PETROGAS JATIM UTAMA SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TSK.14-16 Zyl p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang proses sosialisasi budaya organisasi perusahaan pada karyawan baru PT Petrogas Jatim Utama Surabaya. Penelitian ini meneliti tentang bagaimana kegiatan sosialisasi nilai-nilai budaya yang berlangsung pada PT Petrogas Jatim Utama Surabaya terhadap karyawan baru sebagai bagian dari kegiatan komunikasi organisasi. Terkait dengan hal yang diteliti, maka subjek penelitian ini adalah manajemen dan karyawan baru pada PT Petrogas Jatim Utama Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif dengan pengumpulan data berupa indepth interview pada pihak manajemen dan karyawan baru PT Petrogas Jatim Utama Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode case study (studi kasus), yang meneliti bagaimana PT Petrogas Jatim Utama Surabaya dapat mensosialisasikan nilai-nilai budaya organisasi kepada karyawan barunya. Tahap sosialisasi perusahaan kepada karyawan baru melalui beberapa fase yaitu pada fase anticipatory socialization terjadi ketika karyawan baru akan memasuki lingkungan organisasi, encounter stage terjadi ketika karyawn baru baru memasuki lingkungan organisasi pada fase yang bersamaan perusahaan juga memulai untuk mensosilisasikan nilai budaya menggunakan cara on the job, off the job, pelatihan, seminar dan pendidikan kemudian Metamorphosis stage terjadi ketika karyawan baru bertransisi dari orang luar menjadi bagian dari organisasi. Para karyawan baru juga melakukan proses internalisasi untuk mengurangi perbedaan nilai dalam organisasi, dalam proses internalisasi akan dikaji dengan proses pengembangan peran (Role Development Process) yang terdiri dari Role taking phase, Role-Making Phase, dan Role-Routinization Phase.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.14/16 Zyl p
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Organisasi, Komunikasi Budaya Organisasi, Proses sosialisasi, Proses Internalisasi, Karyawan baru.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM786-806 Organizational sociology. Organization theory
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV7551-8280.7 Police. Detectives. Constabulary > HV7935-8025 Administration and organization
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
RAHMANIA ZYLFI, 071414853007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHenri Subiakto, Prof. Dr., S.H.,M.A.UNSPECIFIED
Thesis advisorSanti Isnaini, Dr., S.Sos., M.M.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 13 Nov 2016 20:06
Last Modified: 13 Nov 2016 20:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45676
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item