PURNOMO ADI N
(2004)
POLA KOMUNIKASI ANTARA DIVISI SERVICE STAFF DENGAN KITCHEN STAFF DI SHANG PALACE RESTAURANT SHANGRI-LA HOTEL SURABAYA.
Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Dunia pariwisata adalah dunia universal yang artinya siapapun akan menyatakan bahwa pariwisata itu adalah kebutuhan manusia diseluruh dunia. Perkembangan pariwisata di Indonesia selama ini mengalami kemajuan yang sangat pesat dengan ditunjang oleh sarana dan prasarana yang memadai, serta dikelola secara professional oleh semua bidang usaha yang memberikan pelayanan dibidang jasa, terutama adalah perhotelan. Masalah yang penulis temukan adalah komunikasi yang dilakukan antara karyawan Food and Beverage Service dengan karyawan Food and Beverage Product yang kurang berjalan dengan efektif. Berdasarkan identifikasi masalah yang penulis kemukakan dalam pembahasan ini adalah bentuk-bentuk komunikasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi antar karyawan Food and Beverage Service dengan karyawan Food and Beverage Product, hambatan-hambatan komunikasi dan usaha-usaha apakah yang dilakukan oleh pihak terkait dalam mengatasi masalah tersebut.
Dalam penyusunan tugas akhir ini metode yang digunakan oleh penilis secara deskriptif analisis dengan cara wawancara dan observasi yang bermaksud menggambarkan situasi yang terjadi dan dialami selama berada ditempat dimana penulis jadikan obyek. Selanjutnya setelah melakukan praktek dan penelitian dapat diambil: suatu analisis berdasarkan teori yang ada selama berada dibangku kuliah melalui berbagai cara, yaitu wawancara terhadap pimpinan personalia atau yang terkait dengan operasional, observasi lapangan dan studi literature di perpustakaan. Masalah yang ditarik dalam penelitian adalah :
1.Bagaimanakah bentuk-bentuk yang mempengaruhi komunikasi antara service staff dengan kitchen staff?
2.Faktor-Faktor apa saja yang mempengaruhi komunikasi antara service staff dengan kitchen staff?
3.Kendala atau hambatan komunikasi apa saja yang terjadi antara service staff dengan kitchen staff?
4.Usaha-usaha apa yang harus dilakukan untuk menangani dan mengatasi hambatan komunikasi tersebut ?
Pembahasan yang dilakukan oleh penulis terutama terhadap masalah yang terjadi di Shang Palace restaurant Shangri-La Hotel Surabaya, yaitu proses komunikasi yang sangat berpengaruh dalam pelayanan terhadap tamu, karena pelayanan yang memuaskan akan berpengaruh pada mengalimya pengunjung direstauran dalam proses komunikasi tentu harus ditunjang dengan dedikasi yang tinggi dari semua unsur yang terkait.
Berdasarkan dari pembahasan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa proses komunikasi sangat berpengaruh sekali dalam pelayanan khususnya bidang jasa. Apabila komunikasi tidak berjalan dengan efektif akan berdampak pada kecepatan pelayanan yang diberikan kepada tamu. Hal ini akan memberikan kesan buruk pada hotel atau instansi tersebut, karena keberhasilan operasional ditentukan oleh karyawan itu sendiri. Komunikasi antar karyawan mutlak diperlukan, terutama karyawan yang saling berhubungan langsung dengan pelayanan terhadap tamu, khususnya karyawan Food and Beverage Service dengan karyawan Food and Beverage Produk, dengan saling menumbuhkan hubungan interpersonal dan kerjasama yang baik akan menghindarkan adanya kesalahpahaman atau miss communication antar sesama karyawan. Maka apabila komunikasi sudah berjalan dengan efektif akan berpengaruh pada tingkat kecepatan dalam pelayanan yang memberikan kepuasan kepada tamu dan membawa nama baik atau citra hotel menjadi bagus dimata pengunjung atau pelanggan Shang Palace restaurant Shangri-La Hotel Surabaya. Dan saran yang dapat penulis berikan agar meningkatkan dedikasi dan tanggung jawab yang tinggi, khususnya menjaga komunikasi antar sesama karyawan.
Actions (login required)
|
View Item |