YOSSY CHRISTMA TIARANITA, 049715562
(2004)
ANALISIS PENGARUH LOYALITAS MEREK, KESADARAN MEREK, KUALITAS YANG DIRASAKAN DAN ASOSIASI MEREK TERHADAP NILAI PELANGGAN PADA AIR MINUM DALAM KEMASAN MEREK AQUA DI SURABAYA.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah loyalitas merek, kesadaran merek, kualitas yang dirasakan dan asosiasi merek berpengaruh terbadap nilai pelanggan. Obyek penelitian ini adalah pelanggan air. minum dalam kemasan merek Aqua di Surabaya.
Variabel bebas yang digunakan daIam penelitian ini ada empat yaitu : loyalitas merek, kesadaran merek, kualitas yang dirasakan dan asosiasi merek. Sedangkan variabel terikat yang digunakan adalah nilai pelanggan
Jumlah kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 200 buah kuesioner. Untuk menguji validitas alat ukur digunakan Pearson Product Moment, sedangkan untuk menguji reliabilitas digunakan Alpha Cronbach.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa loyalitas merek, kesadaran merek, kualitas yang dirasabn, dan asosiasi merek secara bersama-sama maupun secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap nilai pelanggan air minum daIam kemasan merek Aqua di Surabaya.
Model analisis regresi tinier bergaDda yang dihasilkan dari hasil penelitian adalah: Y =0,119+ 0,159 XI + 0,179 X2 + 0,494 X3 + 0,143 X4.
Nilai R atau koefisien korelasi adalah 0,749 atau 74,9 %. Nilai ini menunjukkan bahwa hubungan antara ni1ai pelanggan air minun dalam kemasan merek Aqua di Surabaya dengan 1oyalitas merek, kesadaran merek, kualitas yang dirasakan, dan asosiasi meek adalah sangat erat Nilai R yang bertanda positif menandakan hubungan yang searah, yaitu jika ni1ai variabel bebas mmingkat maka nilai variabel terikat juga akan meningkat.
Nilai koefisien determinasi (R2) adalah sebesar 0,561. Nilai ini menunjukkan bahwa 56, I % perubahan variabe1 nilai pelanggan air minum dalam kemasan merek Aqua dipengaruhi oleh loyalitas merek, kesadaran merek, kualitas yang dirasakan, dan asosiasi merek. Sedangkan 43,9 % perubahan nilai pelanggan air minum dalam kemasan merek Aqua dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel bebas dalam penelitian ini
Actions (login required)
|
View Item |