FILIA SAVITRI
(2004)
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN MEMILIH MENJADI ANGGOTA ATLAS SPORTS CLUB SURABAYA.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Sebagai pusat kebugaran yang berkembang pesat daIam industri persaingan bisnis di Surabaya, Atlas Sports Club harns mempertahankan keuntungan dan keunggulan yang telah dimilikinya saat ini. Dalam upaya mempertahankan posisi bersaing di pasar, perusahaan membutuhkan berbagai informasi sebagai masukan dalam pengembangan strategi pemasaran yang sesuai. Salah satu informasi penting yang sangat dibutuhkan dalam pengembangan strategi pemasaran adalah informasi perilaku konsumsi yaitu informasi tentang bagimana konsumen mengambil keputusan memilih suatu merek produk atau jasa tertentu dalam memenuhi kebutuhannya. Organisasi harus mampu menjawab mengapa orang orang tersebut memilih menjadi anggota Atlas Sports Gub, faktor apa saja yang mempengaruhinya dan apa tujuan mereka dengan menjadi anggota tersebut Pemahaman perusahaan terhadap perilaku konsumennya atau pelanggannya akan memberikan input yang sangat berbarga dalam pengembangan srategi bersaing yang efektif. Penelitian perilaku konsumen ini bertujuan untuk menjawab, "Faktor faktor yang mempengaruhi konsumen memilih menjadi anggota Atlas Sports Club."
Untuk memecahkan masalah penelitian, dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan merumuskan hipotesis yang selanjutnya dilakukan pengujian ststistik. Variabel -variabel penelitian adalah ingin memiliki tubuh yang sehat, ingin memperluas pergaulan, reputasi Atlas Sports Club, jumlah pendapatan keluarga, saran dari teman, situasi kesibukan pekerjaan konsumen, ragam latihan olahraga, keramahan karyawan, lokasi, promosi, biaya keanggotaan tiap bulan, prosedur / peraturan keanggotaan, kemampuan pelatih, gedung, dan pera1atan olahraga. OJ dalam penelitian ini digunakan Analisis Faktor yang dimaksudkan untuk mengetahui faktor apa saja yang terbentuk dari variabel yang diteliti yang mempengaruhi konsumen memilih menjadi anggota Atlas Sports Club, dan apakah semua variabel yang dipergunakan dalam penelitian benar benar dapat digunakan untuk mengukur faktor faktor yang mempengaruhi konsumen memilih menjadi anggota Atlas Sports Club. Adapun Analisis Faktor dirumuskan sebagai berikut, Solimun (2002 : 41) : Xp = cpl Fl + cp2 F2 + ••• +cpp Fp + ep
Semua variabel penelitian diukur dengan menggunakan skala Likert (5 skala) berdasarkan karakteristik yang telah ditentukan. Penelitian menggtmakan teknik sampling, yaitu dengan metode non probability sampling, purposive sampling, yaitu pemiJihan sampel dengan berdasarkan atas kriteria tertentu, dalam hal ini sampel haruslah anggota tetap Atlas Sports Club.
Da1am Analisis Faktor, agar sebuah variabel tidak direduksi, hams memenuhi 2 ketentuan yaitu memiliki nilai MSA > 0,5 dan ketentuan kedua harns memiliki nilai factor loading > 0,55.
Dari hasil Analisis faktor, diketahui ada 5 faktor yang mempengaruhi konsumen memilih menjadi anggota Atlas Sports Club, yaitu : faktor kesetaraan citra, faktor kebutuhan fisik, faktor jasa-pelayanan dan kenyamanan, faktor kesetaraan kondisi, serta faktor sosial dan promosi.
Faktor kesetaraan citra dapat dijelaskan oleh variabel : reputasi Atlas Sports Club, prosedur I peraturan keanggotan, dn jumlah pendapatan keluarga. Faktor kebutuhan fisik dapat dijelaskan oleh variabel : ingin memiliki tubuh yang sehat, gedung, dan peralatan keluarga. Faktor jasa-pelayanan dan kenyamanan dapat dijelaskan oleh variabel : ragam latihan olahraga. keramahan karyawan, dan lokasi. Faktor kesetaraan kondisi dapat dijelaskan oleh variabel : situasi kesibukan pekerjaan konsumen, dan biaya keanggotaan tiap bulan. Faktor sosial dan promosi dapat dijelaskan oleh variabel ingin memperluas pergaulan, saran dari teman dan promosi.
Variabel yang mengalami reduksi adalah variabel pelatih, karena memiliki nilai [actor loading 0,473 yang < O,55 sebingga tidak dapat menjelaskan faktor yang terbentuk. Hal ini merupakan informasi bagi pihak manajemen Atlas Sports Club untuk lebih memperhatikan unsur pemasaran yang perlu ditingkatkan dalam hal ini adalah kemampuan para pelatih.
Item Type: |
Thesis
(Skripsi)
|
Additional Information: |
KKB KK B 193/04 Sav a
FULLTEXT TIDAK TERSEDIA |
Uncontrolled Keywords: |
CONSUMER BEHAVIOR, MANAGEMENT |
Subjects: |
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc. H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture |
Divisions: |
04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Creators: |
Creators | NIM |
---|
FILIA SAVITRI | NIM049912672-E |
|
Contributors: |
Contribution | Name | NIDN / NIDK |
---|
Thesis advisor | DWI UTAMI S., Dra., Ec., MS. | UNSPECIFIED |
|
Depositing User: |
shiefti dyah alyusi
|
Date Deposited: |
05 Dec 2016 18:53 |
Last Modified: |
05 Dec 2016 18:53 |
URI: |
http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48291 |
Sosial Share: |
|
|
|
Actions (login required)
|
View Item |