PEMAKAIAN UMPATAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA: SUATU KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

MAZIYAH MALIYATI (2004) PEMAKAIAN UMPATAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA: SUATU KAJIAN SOSIOLINGUISTIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (726kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (689kB)
[img] Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf

Download (656kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II GAMBARAN OBYEK PENELITIAN.pdf

Download (878kB)
[img] Text (BAB III)
6. BAB Ill TEMUAN DAN ANALISIS DATA.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV SIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (652kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (649kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf

Download (684kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Kata umpatan menrpakan kata-kata yang mengandung konotasi buruk dan biasanya diucapkan ketika seseorang sedang marah, terkejut, takjub, dan sebagainya. Kata umpatan merupakan bagian dari kata afektif, yaitu suatu kata yang selalu berhubungan dengan penuturnya dan apabila dilafalkan akan mengandung nilai emosi dengan cara melampiaskan, menumpahkan gejolak pernasaan dalam bentuk ucapan atau ujaran. Kata umpatan merupakan suatu konstruksi yang unik dalam suatu bahasa, baik dalam bentuk makna maupun pemakaiannya. Ada tiga permasalahan yang akan diangkat pada penelitian ini. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk umpatan yang digunakan oleh mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya, faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi pemakaian umpatan, serta bagaimanakah fungsi umpatan yang digunakan oleh mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya? Tujuan penelitian terdiri atas tujuan yang umum dan tujuan khusus. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk memperoleh pengetahuan yang mendalam mengenai penggunaan umpatan pada masyarakat pemakainya, sedangkan tujuan khusus pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk umpatan yang digunakan oleh mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya; mendeskripsikan pemakaian umpatan oleh mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya; serta mendeskripsikan fungsi umpatan oleh mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya. Manfaat penelitian untuk memberikan sumbangan terhadap ilmu linguistik, khususnya dalam lingkup studi sosiolinguistik. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan dapat menambah wawasan bagi masyarakat guna mengetahui penggunaan umpatan dalam pemakaian sehari-bari sehingga dapat memberikan pemahaman dan manfaat dalam hal berkomunikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dan pengamatan atau observasi. Pengamatan tersebut disertai juga dengan teknik catat data berupa kuesioner. Data kuesioner juga ditunjang dengan wawancara langsung dan teknik rekam secara informal dengan menggunakan sejumlah pertanyaan lisan untuk melengkapi kekurangan data pada kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah pengolahan data secara kualitatif. Metode pemaparan hasil analisis data yang digunakan adalah metode informal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LINGUISTIC
Subjects: P Language and Literature
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
MAZIYAH MALIYATINIM120010119
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorEddy SugiriNIDN9990240247
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 07 Dec 2016 20:19
Last Modified: 23 Sep 2022 04:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48649
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item