AGUS SUTIYONO
(2002)
PROFESIONALISME PUSTAKAWAN SEBAGAI UPAYA MENYONGSONG ERA MASYARAKAT INFORMASI (STUDI PADA LAYANAN REFERENSI DI BADAN PERPUSTAKAAN PROPINSI JAWA TIMUR).
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana penerapan profesionalisme pustakawan pada layanan referensi di Badan Perpustakaan Propinsi Jawa Timur sebagai upaya menyongsong era masyarakat informasi. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian diskriptif, dengan populasi adalah pengguna layanan referensi dengan jumlah sampel 100 responden pengguna dan 5 responden pustakawan. Teknik pengambilan sampel non probably sampling jenis purposive sampling yaitu sampel dengan bertujuan yaitu mengetahui pendapat pengguna dengan status pelajar, mahasiswa, dan umum. Data dikumpulkan dengan wawancara berstruktur melalui kuesioner dan wawancara tidak berstruktur dengan Gatot Tri Rukmantara aktifis LSM bidang Perpustakaan. Data dianalisa dengan metode deskriptif dan disajikan dalam data-data kualitatif.
Hasil dari penelitian ini bahwa penerapan profesionalisme pustakawan pada layanan referensi akan memuaskan pengguna (95%) dan yang menyatakan tidak (5%). Pada saat ini penilaian profesionalisme pustakawan menurut pengguna, (51%) menjawab belum profesional dan (49%) menjawab sudah profesional. Upaya pustakawan dalam meningkatkan profesionalismenya dengan banyak membaca., mengikuti seminar-seminar, pe!atihan dan pendidikan untuk meningkatkan keilmuan dan keterampilannya. Upaya yang dilakukan oleh Badan Perpustakaan Propinsi adalah mengikutkan pustakawan seminar, pelatihan dan beasiswa pendidikan baik di dalam negeri maupun sampai ke luar negen, meningkatkan kesejahteraan pustakawan serta menjalin komunikasi pihak pimpinan dengan bawahan setiap saat bila diperlukan.
Saran yang dapat diberikan adalah pihak Badan Perpustakaan Propinsi Jawa Timur harns lebih meningkatkan pendidikan dan pengawasan bagi pustakawan agar tercipta pustakawan yang profesional, menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung pelayanan yang memuaskanlservice excellent, menyediakan kotaklbuku saran bagi pengguna untuk. memberikan masukan-masukan saranlkritikan, dan papan informasi sebagai tempat menempelkan pengurnuman tentang infonnasi baru yang telah ada pada layanan referensi.
Actions (login required)
|
View Item |