HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PASIEN TERHADAP EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA JASA PELAYANAN KEPERAWATAN

NI MADE SUMIANDARI, 119610142 (2000) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PASIEN TERHADAP EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA JASA PELAYANAN KEPERAWATAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
PSI 03-01.SUM H.pdf

Download (185kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah semakin cfektif komunikasi interpersonal perawat yang dipersepsi oleh pasien maka semakin tinggi tingkat kcpuasan pasien pada jasa pelayanan kepcrawatan. Hal ini dill.ltarbelakangi olch sering terjadinya keluhan, kekecewaan dan keLidakpuasan pasicn terhadap kincrja pcrawat, dimana ketidakpuasan itu disebabkan karena perawat tidak ramnh, tidnk perhatian, dalam memberi informasi tidak jelas, dcngan kata lain pcrawat tidak mampu berkomunikasi secara efektif. Penelitian dilakukan pada pasien yang telah melakukan atau telah usai menjalani perawatan di Paviliun RSUD Dr. Soetomo unit Airlangga Surabaya dengan metode pengambilan sampel quota sampling, dimana kuota atau jumlah yang ditentukan adalah 50 subyek dengan kriteria pendidikan minimal SMU/sederajat, dalam kondisi yang memungkinkan untuk mengisi kuesioner, serta telah usai menjalani perawatan. Metode pengumpuJan data menggunakan kuesioner. Berdasarkan uj i validitas terdapat 3 t aitem sahih dari 34 aitem yang dibuat pada kuesioncr efektivitas komunikasi interpersonal perawat. Pada kuesioner kepuasan pasien pada jasa pelayanan keperawatan terdapat 34 aitem yang semuanya sahih. Nilai koefisien reliabilitas kuesioner efektivitas komunikasi interpersonal perawat sebesar 0,940 sedangkan nilai koefisien reliabilitas kuesioner kepuasan pasien pada jasa pelayanan keperawatan sebesar 0,971 dengan p<O,05 pada masing~ masing kuesioner sehingga kedua kuesioner dinyatakan anda!. Teknik analisa data menggunakan Korelasi Product Moment dari Pearson dimana diperoleh nilai r sebesar 0,797 dengan p=0,000 yang menunjukkan hasil yang sangat signifikan. Dengan demikian hipotesa penelitian yang menyatakan bahwa semakin efektif komunikasi interpersonal perawat yang dipersepsi pasicn maka semakin puas pasien pada jasa pelayanan keperawatan diterillla.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI 03/01 Sum h
Uncontrolled Keywords: PATIENT SATISFACTION, NURSE AND PATIENT
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
NI MADE SUMIANDARI, 119610142UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorC.D. INO YUWONO, Drs., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 18 Dec 2016 22:18
Last Modified: 21 Jun 2017 18:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49470
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item