PENGARUH FAKTOR PESAN IKLAN BERBASIS E-MAIL TERHADAP MINAT BELI PRODUK CENTRIPHONE DI SURABAYA

HENDRA MAULANA, 049916584 (2007) PENGARUH FAKTOR PESAN IKLAN BERBASIS E-MAIL TERHADAP MINAT BELI PRODUK CENTRIPHONE DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-maulanahen-5420-b13507-t.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-maulanahen-5420-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ketika teknologi berkembang pesat, lahirnya media komunikasi berbasis e~ mail membawa angin segar bagi perusahaan. e-mail merupakan media yang murah meriah. Kemudahan e-mail untuk dimodifikasi, memungkinkan setiap pesan e-mail dibuat sesuai karakteristik pelanggan tertentu. Karenanya e-mail menjadi salah satu alternatif media iklan yang spesifik dan lebih terjangkau. Salah satu perusahaan yang menggunakan media e-mail untuk beriklan adalah PT. Centrin Online Tbk. Media e-mail dianggap tepat untuk mengiklankan produk CentrinPhone, yaitu sebuah produk voIP yang memiliki pangsa pasar yang sempit. Namun meskipun penggunaan iklan berbasis e-mail dianggap tepat untuk produk semisal voIP, tetap dibutuhkan desain pesan iklan yang baik. Pesan iklan yang baik adalah yang mampu menarik perhatian, membangkitkan rasa ingin tahu, menimbulkan keinginan dan memicu tindakan. Karena itu penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh faktor desain iklan berbasis e-mail, yang terdiri dari isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan terhadap minat beli pelanggan dan untuk mengetahui faktor desain iklan yang paling berpengaruh dominan terhadap minat beli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian yang menitikberatkan pada pengujian hipotesa dengan alat analisis metode statistik dan menghasilkan kesimpulan yang dapat digeneralisasi. Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan e-mail gratis ApaKabar.Com yang bertempat tinggal di Surabaya dan pernah menerima pesan iklan produk CentrinPhone dari PT. CentrinOnline Tbk. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel probabilitas dengan metode sampel acak sederhana. Alat uji yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS 11.5 for Windows. Dari hasil penelitian ternyata diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh simultan maupun parsial yang signifikan antara variabel desain pesan iklan yang terdiri dari isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan terhadap minat beli. Adanya hubungan simultan ditandai dengan nilai Fhitung sebesar 25,855. Sedangkan hubungan parsial ditandai dengan nilai ttabel variabel isi pesan sebesar 6,017, struktur pesan sebesar 3,297, format pesan sebesar 2,943 dan sumber pesan sebesar 3,320. Dari keempat variabel tersebut, variabel isi pesan yang paling berpengaruh terhadap minat beli, yaitu ditunjukkan dengan nilai Standarized Coefficients Beta tertinggi sebesar 0,452. Persamaan model regresi yang diperoleh adalah Y = - 0,518 + 0,481 XI + 0,233 X2 + 0,223 X3 + 0,203 X4.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.135/07 Mau p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR; MARKETING � MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
HENDRA MAULANA, 049916584UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEFFENDI, Prof. Dr., SE.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 19 Nov 2007 12:00
Last Modified: 11 Jun 2017 18:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5018
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item