RUSMALIA TRI CAHYANI
(2004)
KOMPUTER ONLINE DAN CITRA HOTEL
(STUDI DESKRIPTIF TENTANG PENGGUNAAN KOMPUTER ONLINE OLEH PUBLIC RELATIONS DI MARKETING DEPARTEMEN HOTEL INNA SIMPANG SURABAYA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DENGAN MEDIA CETAK JAWA POS DAN RADAR SURABAYA).
Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Dalarn perhotelan, komputer adalah alat bantu yang mutlak diperlukan karena dengan terus berkembangnya hotel, keadaan pasar berubah, sehingga tuntutan dan tantangan juga akan berubah. Kehadiran media online telah mengubah cara orang berkomunikasi. Dalam hal ini, Public Relations harus mampu memanfaatkan media online sebagai media utama dalam menyampaikan pesan.
Dalarn penelitian ini penulis meneliti bagaimana penggunaan komputer online oleh Marketing Departemen khususnya Public Relations di Hotel Inna Simpang Surabaya sebagai sarana komunikasi dengan media cetak Jawa Pos dan Radar Surabaya. Metodologi penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif karena metode ini memaparkan situasi dan peristiwa yang dialami informan, yang menjadi penghubung antara peneliti dan informan. Berkaitan dengan kepentingan peneliti dalam kegiatan mengumpulkan data, maka diperlukan batasan masalah yang berfokus pada pokok masalah yang diteliti sehingga memudahkan penelitian. Pada penelitian ini, menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung dimana peneliti terlibat langsung pada kegiatan yang dilakukan oleh informan, serta wawancara terstruktur yaitu peneliti menetapkan sendiri masalah dan pertanyaan yang akan diajukan. Untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk menjawab permasalahan penelitian ini, penulis menjadikan Marketing Manager, Public Relations, Wartawan, sebagai informan. Kerangka pemikiran yang ditulis dalam penelitian ini selain dibuat sendiri oleh penulis juga diambil dari buku-buku yang berhubungan dengan penelitian ini. Kemudian data-data tersebut diseleksi lalu disajikan dan dianalisa dari bab I untuk dapat ditarik kesimpulan yang menjawab pemasalahan.
Setelah me]akukan proses penelitian diatas, diketahui bahwa penggunaan komputer online di Marketing Departemen khususnya oleh Public Relations sebagai sarana komunikasi dengan media cetak Jawa Pos dan Radar Surabaya tidak maksimal. Hal ini dikarenakan kurangnya sumber daya manusia dalam penguasaan komputer online serta kurangnya sarana dan prasarana komputer online. Seringnya diadakan pelatihan tentang penggunaan komputer online merupakan syarat utama maksimalnya penggunaan komputer online serta peningkatan sarana dan prasarananya. Dalam hal ini semua tergantung pada manajemen hotel serta motivasi Public Relations dalam memaksimalkan penggunaan komputer online.
Actions (login required)
|
View Item |