TAUFIK SUBANTO, 079414327
(2000)
ADAPT AS! PEDAGANG INFORMAL
(STUDI ETNOGRAFI TENTANO STRATEOI ADAPTASI PEDAGANG DI PASAR KEPUTRAN UTARA, KELURAHAN KALIASIN, KECAMATAN TEGALSARI. KOTAMADYA SURABAYA).
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
ABSTRAK
Judul : ADAPTASI PEDAGANG INFORMAL
(Studi Etnografi Tcntang Strategi Adaptasi Pedagang Di Pasar Keputran Utara,
Kelurahan Kaliasin, Kccamatan Tegalsari, Kotamadya Surabaya)
Penulis : TAUFIK SUBANTO
NPM. : 079414327
Program Sludi : Antropologi
Fakultas : Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik
Universitas : Airlangga -. Surabaya
Tebal : xii + 130 halmnan -I 3 lampirall perijinnfl
Keberagal1lan peluang kelja di kota dengan lingknt upah yung relnlif lebih Iillggi dnri lingkal lIpah eli desn, llIerupakan claya Inrik bagi pendllduk pedesaan ullluk bennigrasi ke kota. Para migran ini tidak semuanya tertalllpung dalam sl.:ktor formal perkolnan. Mereka yang tidak tertnmpllng discktor /(lrI11al, mcm<lsllk i scklor ill 1i.)J'Jna I, atall kembali kc desa. Scktor iII/()lfnllI pl.:l"kolaan scndiri IlIcmjJunyai jenis dan bClltllk lIsnha yallg semakill beragalll. Salah satllnya adalah scktor pcrdngallgnn (scbngai pedagallg).
Untuk mcmpertahankan keheradamlllya sebagai pedagallg, IHcrcka IIIcllIplIuyni slralcgi adaptasi yang bCl'beda-beda. Dalum gads bl:samya IlH:rcka hanls bcradnptasi pada lingkllngan fisik dan lingkllngan sosiaillya. Untuk Illcndcskripsikan strategi adaplasi pedagang illi digullnk_an metode penelitian clllograli. PcngumplIlan dalallyn I1lcnggllllak:1ll tcknik ohscrvasi-p:lrlisipasi. scrta wawuncara terbuka dan mendalam.
Annlisa kllalitatif yang dilakukan IlIcmperoleh gambar,"1 hahwa bagi pcdagnng pnsm ketcnHngan dalam berdagnng mcrllpakan modal dasar yang hams diJlliliki, oleh scbab illl mereka selahl bcrllsaha lInluk mCl1capai kcpastian dari kmpal lISahallya, dalam arti tidak berpindah-pindah. Sclain leI hadap Icmpal, Illcrcka juga IIlcnycsuaikan diri terhadnp waklll dan clIncn dalall1 1l1l.:nClllukall Itarga dalljllllliah barang dagangan.
Dalal11 Illeraih kCllntungan, n~crcka mClllplInyai strategi pcnjualan. Stralcgi ini tcrkait dcngnn cara mengiknt pemhcli, pcncnlllan jenis barang dagangan, dan cara mClldapalkallllya scrta earu-cam Illcmpcrbcsnr kCllllhlllgan. PenYl:sllaian diri krhadap ling\..:lIl1gall sosialllya ynng lain tcrlihat dari bahasa yang digllllakall, organisnsi sosial, kcgiatan sosial dan 11lIbungan sosial, scrta lIsaha sctiap illdividll tllllllk mcnghindari konllik tcrbuka yang bcrakibat IIlcrllgikan diri sClldiri. Proses pcnycsllaian diri masing-masillg pedagnng ini mcrupakan dil!amika adaplif pl'dagang until\..: Il1cmpertahankan kcbcradaannya, sckaligus IIl1tllk IIlcngl'Jllbangkan did sl.:slwi cita-cila dan harapall, hcrdasar pada kcillginlln dan "rl:at ililaslI yn scml iri.
Actions (login required)
|
View Item |