ANNI SUPRASANTI
(1999)
PERANAN RESTORAN DALAM MENDUKUNG PELAYANAN HOTEL (STUDI DISKRIPTIF DI HOTEL MIRAMA SURABAYA).
Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Akornodasi rnerupakan faktor yang sangat penting bagi industri pariwisata karena banyak dibutuhkan oleh para wisatawan sebagai ternpat tinggal sernentara yang sepanjang perjalanannya rnernbutuhkan dan rnengharapkan segala sesuatu untuk rnernenuhi kebutuhan hidupnya. Untuk itu dibangunlah hotel-hotel di lokasi-lokasi yang sekiranya akan rarnai dikunjungi oleh tarnu dengan berbagai tujuan. Narnun ternyata akhir-akhir ini tingkat hunian hotel berbintang, khususnya di kota Surabaya, rnengalami penurunan. Agar pendapatan hotel tidak berkurang rnaka dipilihlah restoran sebagai salah satu alternatif untuk dapat mernbantu hotel dalarn rnernperoleh pernasukan.
Disini tirnbullah pertanyaan bagaimanakah peran restoran hotel dalam rnendukung pelayanan hotel dan faktor-faktor apa saja yang rnempengaruhinya. Tujuan dari pertanyaan terse but antara lain untuk mengetahui peran restoran hotel dalam rnendukung pelayanan hotel beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Untuk itu rnaka diadakan penelitian di Hotel Mirama Surabaya dengan rnenggunakan metode diskriptif dan teknik non random sampling. Hasil penelitian yang didapat, ternyata dalam rnendukung pelayanan hotel maka restoran menjual produk-produk yang berupa makanan dan rninurnan dalam bentuk paket, produk khusus, dan dengan harga khusus. Untuk rnencapai target yang diinginkan rnaka faktor-faktor yang perlu diperhatikan adalah operasionalnya, pelayanannya, menu, harga atau tarif, dan promosi.
Hal yang paling penting dalarn mendukung pelayan hotel adaJah restoran perlu mernperhatikan keinginan dan kebutuhan tarnu sehingga tarnu akan rnerasa senang dan puas. Oleh karena itu restoran perlu lebih memperhatikan makanan dan rninurnan yang disajikan kepada tarnu dan rnelengkapi berbagai macarn peralatan makan dan minurn dalarn membantu operasionalnya.
Actions (login required)
|
View Item |