PENGARUH PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT (POS) TERHADAP ORGANIZATIONAL COMMITMENT DENGAN DIMEDIASI OLEH JOB SATISFACTION PADA KARYAWAN HOTEL WETA SURABAYA

ESTHERINA ALVINIA, 040912182 (2014) PENGARUH PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT (POS) TERHADAP ORGANIZATIONAL COMMITMENT DENGAN DIMEDIASI OLEH JOB SATISFACTION PADA KARYAWAN HOTEL WETA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-alviniaest-33410-4.abstr-i.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
52.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Komitmen organisasional merupakan suatu hal yang penting karena dapat merefleksikan sejauh mana hubungan yang baik antara karyawan dengan perusahaan dapat terbina. Komitmen organisasional dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor tersebut antara lain persepsi dukungan organisasi dan kepuasan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari persepsi karyawan akan dukungan organisasi dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional dengan menguji pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung. Sampel penelitian ini adalah karyawan bagian operasional Hotel Weta Surabaya yang berjumlah 60 orang. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis PLS, yang diolah dengan SmartPLS 2.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa POS berpengaruh signifikan terhadap ketiga dimensi komitmen organisasional: affective organizational commitment (nilai 0,514; t-statistik 3,733), continuance organizational commitment (nilai 0,518; t-statistik 3,605), dan normative organizational commitment (nilai 0,428; t-statistik 2,543) dan kepuasan kerja (nilai 0,582; t-statistik 5,070). Kepuasan kerja sebagai mediator secara signifikan mempengaruhi peningkatan hubungan POS dengan ketiga dimensi komitmen organisasional: affective organizational commitment (nilai 0,259; t-statistik 2,910), continuance organizational commitment (nilai 0,270; t-statistik 2,842), dan normative organizational commitment (nilai 0,304; t-statistik 2,895).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 192/14 Alv p
Uncontrolled Keywords: JOB SATISFACTION
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
ESTHERINA ALVINIA, 040912182UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAnis Eliyana, Prof., Dr., SE., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 10 Oct 2014 12:00
Last Modified: 20 Sep 2016 01:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5390
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item