PENGARUH PERSEPSI ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PERILAKU PEDAGANG BATAK MUSLIM DI JAKARTA: Studi Kasus Pada Organisasi Pedagang Batak Muslim KKMM (Kerukunan Keluarga Masyarakat Mompang Jae)

PUTRA, USTMAN HADY HAMZAH, NIM. 040914099 (2014) PENGARUH PERSEPSI ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PERILAKU PEDAGANG BATAK MUSLIM DI JAKARTA: Studi Kasus Pada Organisasi Pedagang Batak Muslim KKMM (Kerukunan Keluarga Masyarakat Mompang Jae). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-putraustma-37695-6.--abst-k.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 FEB. EI. 98_14 Put p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh persepsi etika bisnis Islam terhadap perilaku pedagang Batak Muslim di Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan kuesioner dalam pengambilan data primer. Pengujian dilakukan dengan menggunakan regresi linear sederhana, dimana variabel terikat (Y) adalah perilaku pedagang dan variabel bebas (X) adalah persepsi etika bisnis Islam. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik probability sampling dengan menggunakan metode simple random sampling. Sampel penelitian ini adalah 65 pedagang Batak Muslim yang menjadi anggota KKMM di Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian ini didapat persamaan regresi linear sederhana yaitu Y = 22,376 + 0,279X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi etika bisnis Islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pedagang Batak Muslim yang menjadi anggota KKMM di Jakarta. Pada penelitian ini R2 menunjukkan angka 0,423 yang berarti bahwa sebesar 42,3 % perilaku pedagang Batak Muslim dapat dijelaskan oleh variabel persepsi etika bisnis Islam. Hasil tersebut juga menjelaskan bahwa masih terdapat variabel-variabel lain yang lebih besar (57,7%) yang mampu menjelaskan perilaku pedagang Batak Muslim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB. EI. 98/14 Put p
Uncontrolled Keywords: BUSINESS ETHICS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP174-190 The practice of Islam
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
PUTRA, USTMAN HADY HAMZAH, NIM. 040914099UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDina Fitrisia Septiarini, SE., MM., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 04 Dec 2014 12:00
Last Modified: 20 Jul 2016 06:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5490
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item