SISTEM INFORMASI LAYANAN UMROH PADA PT. ARMADINAH GLOBAL WISATA SURABAYA

DYSA DYAH KURNIAWATI, 081310113017 (2016) SISTEM INFORMASI LAYANAN UMROH PADA PT. ARMADINAH GLOBAL WISATA SURABAYA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKC KK FV.SI 21-16 Kur s-Abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
KKC KK FV.SI 21-16 Kur s-min.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT. ARMADINAH GLOBAL WISATA adalah biro perjalanan yang menangani layanan umroh, haji plus ke Tanah Suci, dan tour ke wisata dalam Surabaya maupun luar Surabaya. Permasalahan yang dialami oleh PT. ARMADINAH GLOBAL WISATA adalah belum efektifnya proses pelayanan umroh. Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah membuat Sistem Informasi Layanan Umroh yang mencakup enam proses, meliputi proses pendaftaran umroh, proses pembayaran umroh, proses pembatalan umroh, proses penambahan paket umroh, proses penjadwalan peserta manasik umroh dan laporan. Sistem Informasi Layanan Umroh dibangun melalui empat tahapan. Tahap pertama adalah mengidentifikasi proses saat ini yang dijelaskan pada diagram docflow kemudian merumuskan permasalahan yang terjadi yang digambarkan dengan diagram fishbone sehingga dapat menganalisa kebutuhan yang berkaitan dengan proses-proses tersebut untuk mendesain sistem dan database. Tahap kedua adalah mendesain database, proses yang dilakukan adalah membuat Conceptual Data Model (CDM) yang kemudian di-generate ke Physical Data Model (PDM) yang terdiri dari 17 tabel. Sedangkan desain proses digambarkan dengan hierarchy chart dan Data Flow Diagram (DFD). Kemudian tahap terakhir adalah implementasi dan uji coba sistem. Implementasi digambarkan dengan pseudocode dan bagan alir, untuk selanjutnya digunakan sebagai pedoman dalam implementasi ke dalam program dengan menggunakan pemrograman berbasis web. Sedangkan uji coba sistem dimulai dari proses pendaftaran umroh, proses pembayaran umroh, proses pembatalan umroh, proses penambahan paket umroh, dan proses penjadwalan peserta manasik umroh. Berdasarkan hasil implementasi dan uji coba sistem, Sistem Informasi Layanan Umroh yang dibuat telah sesuai dengan kebutuhan fungsional pada proses bisnis di PT. ARMADINAH GLOBAL WISATA yaitu dapat menangani beberapa proses bisnis secara mudah dan dapat menampilkan laporan secara tepat.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.SI 21-16 Kur s
Uncontrolled Keywords: Information Systems, Umrah Services, registration, payment, cancellations, umroh package, scheduling the manasik umroh
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
DYSA DYAH KURNIAWATI, 081310113017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEto Wuryanto, Drs., DEAUNSPECIFIED
Thesis advisorArmy Justitia, S.Kom, M.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 19 Apr 2017 19:27
Last Modified: 10 Aug 2017 20:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56688
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item