MANAJEMEN PROSES PRODUKSI STICK IKAN LEMURU (Sardinella lemuru) DI BALAI HASIL PENGOLAHAN PERIKANANDAN KELAUTAN (BHPPK) PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA PRIGI, KABUPATEN TRENGGALEK, JAWA TIMUR.

IRFAN MUZAKI, 141211132011 (2016) MANAJEMEN PROSES PRODUKSI STICK IKAN LEMURU (Sardinella lemuru) DI BALAI HASIL PENGOLAHAN PERIKANANDAN KELAUTAN (BHPPK) PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA PRIGI, KABUPATEN TRENGGALEK, JAWA TIMUR. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
PKL PK BP 210-16 Muz m-Abstrak.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
PKL PK BP 210-16 Muz m.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Stick ikan merupakan salah satu makanan ringan atau jenis kue kering dengan bahan dasar tepung terigu, tepung tapioka atau tepung sagu, lemak, telur serta air, yang berbentuk pipih panjang dan cara pemasakannya dengan cara digoreng, mempunyai rasa gurih serta bertekstur renyah (Pratiwi, 2013), Solusi untuk mengatasi kelangkaan bahan baku pada musim tertentu adalah dengan melakukan beberapa hal seperti mendatangkan bahan baku dari daerah lain, melakukan pembelian dengan volume besar pada saat musim ikan kemudian menyimpan bahan baku tersebut serta melakukan budidaya secara mandiri dan berkelanjutan. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi (PPN Prigi) pada tanggal 12 Januari – 20 Februari 2015 dengan tujuan untuk mengetahui secara langsung proses pembuatan hasil olahan perikanan yang dalam hal ini stik ikan lemuru. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode diskriptif dengan pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara partisipasi aktif, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Tahapan proses pembuatan stik ikan meliputi proses perebusan, pemisahan daging dengan duri dan sisik, pencampuran daging dengan adonan, pencetakan adonan dengan mesin cetak, penggorengan, pengemasan dan penyimpanan.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL PK BP 210-16 Muz m
Uncontrolled Keywords: Fish Stick, Lemuru (Sardinella lemuru)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH328-329 Fishery management. Fishery policy
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH334.9-336.5 Fishery processing
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
IRFAN MUZAKI, 141211132011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPrayogo, S.Pi., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 01 Jun 2017 20:20
Last Modified: 01 Jun 2017 20:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57936
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item