PENGARUH SUBSTITUSI TEPUNG MAGGOT (Hermetia illucens) PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP KANDUNGAN TRIGLISERIDA DAN ASAM OLEAT DAGING IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

HERDIANA RAHAYU PERMATASARI, 141311133079 (2017) PENGARUH SUBSTITUSI TEPUNG MAGGOT (Hermetia illucens) PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP KANDUNGAN TRIGLISERIDA DAN ASAM OLEAT DAGING IKAN NILA (Oreochromis niloticus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK PK BP 103 - 17 Per p - Abstrak.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK BP 103 - 17 Per p.pdf
Restricted to Registered users only until 15 September 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Produksi perikanan budidaya ikan nila (Oreochromis niloticus) mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun. Ikan nila banyak disukai masyarakat karena dagingnya yang gurih dan bergizi tinggi. Ikan nila tidak dapat mensintesis asam lemak essensial pada tubuhnya jika memiliki lemak bebas ditubuh atau didalam pakan dengan jumlah berlebih yaitu senyawa kompleks trigliserida, sehingga dibutuhkan suplai asam lemak esensial dengan jumlah cukup dari pakan yang dikonsumsi yaitu asam oleat. Salah satu bahan yang mengandung Trigliserida dan asam lemak esensial tak jenuh Asam Oleat yaitu maggot (Hermetia illucens). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi penambahan tepung Maggot (Hermetia illucens) pada pakan terhadap kandungan trigliserida dan asam oleat daging ikan Nila (Oreochromis niloticus). Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari lima perlakuan dan empat kali ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah pakan komersial yang disubtitusikan tepung maggot dengan dosis yang berbeda. Pada penelitian ini jumlah dosis tepung maggot yang disubtitusikan pada pakan komersial adalah: perlakuan P0 (0%), P1 (12%), P2 (14%), P3 (16%) dan P4 (18%). Parameter yang diamati pada penelitian ini adalah kandungan trigliserida dan asam oleat daging ikan Nila (Oreochromis niloticus). Analisis data menggunakan Analisis Varian (ANOVA) dan dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subtitusi tepung maggot pada pakan komersial selama 30 hari pemeliharaan tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap kandungan Trigliserida daging ikan nila (Oreochromis niloticus) dan berpengaruh dengan berbeda nyata (P<0,05) terhadap peningkatan kandungan Asam Oleat daging ikan nila (Oreochromis niloticus). Asam Oleat tertinggi terdapat pada perlakuan P4 sebesar 24,6685% dengan subtitusi tepung maggot sebanyak 18%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 103/ 17 Per p
Uncontrolled Keywords: Triglycerides; Oleic Acid ; Tilapia’s Flesh (Oreochromis niloticus)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH334.9-336.5 Fishery processing
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
HERDIANA RAHAYU PERMATASARI, 141311133079UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgustono, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorMirni Lamid, Prof. Dr., drh., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 14 Sep 2017 22:00
Last Modified: 14 Sep 2017 22:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61487
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item