PENGARUH ORGANIZATIONAL CULTURE DAN KNOWLEDGE ACQUISITION TERHADAP ORGANIZATIONAL INNOVATION DENGAN ORGANIZATIONAL LEARNING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

AGUNG DIAN PRATAMA, 041211231102 (2017) PENGARUH ORGANIZATIONAL CULTURE DAN KNOWLEDGE ACQUISITION TERHADAP ORGANIZATIONAL INNOVATION DENGAN ORGANIZATIONAL LEARNING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B.219.17 . Pra.p - ABSTRAK.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B.219.17 . Pra.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 24 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sejak Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) pertama kali merencanakan konsep ekonomi berbasis pengetahuan pada tahun 1996, telah merubah persaingan antar perusahaan mulai dari tenaga kerja hingga pengetahuan di masa lalu sebagai sumber daya di masa sekarang. Perusahaan dituntut untuk terus melakukan inovasi agar mampu bertahan dengan kondisi dunia bisnis yang dinamis. Dalam hal ini organizational culture diyakini sebagai input yang paling signifikan untuk knowledge acquisition dan organizational learning karena di dalam budaya perusahaan terdapat nilai-nilai, keyakinan, dan sistem kerja yang dapat mendorong atau menghambat proses berbagi pengetahuan. Jika perusahaan dapat menghasilkan organizational culture dan knowledge acquisition dengan baik sehingga menghasilkan organizational learning yang optimal, maka berdampak pada peningkatan organizational innovation. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh organizational culture dan knowledge acquisition terhadap organizational innovation dengan organizational learning sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi dan menyebarkan kuisioner yang melibatkan 114 karyawan PT. Bokor Mas yang terletak di Mojokerto, Jawa Timur. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode simple random sampling. Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa organizational culture dan knowledge acquisition memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap organizational innovation, selanjutnya organizational learning memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap organizational innovation. Hasil selanjutnya setelah dilakukan pengujian efek mediasi, menunjukkan bahwa organizational learning terbukti memediasi hubungan antara organizational learning terhadap organizational innovation secara signifikan dan juga organizational learning terbukti memediasi hubungan antara knowledge acquisition terhadap organizational innovation secara signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 B.219/17 Pra p
Uncontrolled Keywords: Organizational Culture, Knowledge Acquisition, Organizational Learning, Organizational Innovation, dan PT. Bokor Mas.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
AGUNG DIAN PRATAMA, 041211231102UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI.B.G Adi Permana, S.E., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 23:03
Last Modified: 17 Jan 2018 18:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64602
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item