TERAPI MANIPULASI PADA PASIEN LANSIA DENGAN KASUS OSTEOARTHRITIS DAN HIPERTENSI

DEA NANDINI ARDIANA CAHAYANI, 151410213056 (2017) TERAPI MANIPULASI PADA PASIEN LANSIA DENGAN KASUS OSTEOARTHRITIS DAN HIPERTENSI. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FV.FST.22.17 . Cah.t - ABSTRAK.pdf

Download (33kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FV.FST.22.17 . Cah.t - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 6 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Osteoartritis adalah jenis arthritis yang disebabkan oleh kerusakan dan hilangnya tulang rawan sendi. Perubahan yang terjadi pada Osteoarthritis adalah ketidakrataan tulang rawan sendi (kartilago) yang diawali dengan pengikisan/ hilangnya tulang rawan sendi sehingga terjadi kontak tulang dengan tulang dalam sendi. Disusul dengan terbentuknya kista subkodral, osteofit pada tepi tulang dan reaksi radang pada membrane sinovial. Hipertensi adalah peningkatan tekanan sistolik lebih besar atau sama dengan 160 mmHg dan atau tekanan diastolik sama atau lebih besar 95 mmHg. Tekanan darah akan meningkat seiring dengan pertambahan usia karena terjadi penebalan pada dinding arteri yang menyebabkan pembuluh darah akan kaku dan menyempit. Terapi manipulasi merupakan teknik terapi yang digunakan pada gangguan sendi dan jaringan lunak. Tujuannya adalah untuk memperbaiki joint play movement dan dengan demikian memperbaiki roll-gliding yang terjadi selama gerakan aktif sehingga dapat mencapai LGS maksimal tanpa nyeri. Terapi manipulasi diberikan pada keterbatasan sendi pola kapsuler, yaitu keterbatasan gerak yang disebabkan gangguan kapsuloligamenter. Pola kapsuler sendi lutut adalah fleksi lebih terbatas dibanding ekstensi.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.FST.22/17 Cah t
Uncontrolled Keywords: Osteoartritis, Hipertensi, Terapi Manipulasi.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > Including massage, exercise, occupational therapy, hydrotherapy, phototherapy, radiotherapy, thermotherapy, electrotherapy
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
DEA NANDINI ARDIANA CAHAYANI, 151410213056UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRwahita Satyawati, dr., SpKFR-KUNSPECIFIED
Thesis advisorEndang Srihastuti, SST. FtUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 29 Dec 2017 04:08
Last Modified: 29 Dec 2017 04:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65819
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item