UPAYA PERBAIKAN AKREDITASI PUSKESMAS BERDASARKAN ANALISIS ORGANIZATIONAL LEARNING CAPABILITY, ORGANIZATIONAL LEARNING PROCESS DAN LEARNING ORGANIZATION (Studi di Lima Puskesmas di Kota Mojokerto)

FARIDA MARIANA, 101514453021 (2017) UPAYA PERBAIKAN AKREDITASI PUSKESMAS BERDASARKAN ANALISIS ORGANIZATIONAL LEARNING CAPABILITY, ORGANIZATIONAL LEARNING PROCESS DAN LEARNING ORGANIZATION (Studi di Lima Puskesmas di Kota Mojokerto). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_TKA.17 17 Mar u.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_TKA.17 17 Mar u.pdf
Restricted to Registered users only until 9 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masalah penelitian yang diajukan adalah rendahnya nilai rata-rata self assessment akreditasi di seluruh Puskesmas di Kota Mojokerto tahun 2016 yaitu sebesar 77,2% bila dibandingkan dengan nilai standar akreditasi paripurna yaitu sebesar 80%. Tujuan penelitian ini adalah menyusun rekomendasi untuk memperbaiki kinerja Puskesmas di Kota Mojokerto dalam melaksanakan akreditasi dengan pendekatan Organizational Learning Capability (OLC), Organizational Learning Process (OLP) dan Learning Organization (LO). Jenis dan rancang bangun penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengukur variabel yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa OLC untuk lima puskesmas adalah dua puskesmas (40%) memiliki kriteria baik, tiga (60%) tidak baik. Untuk OLP, lima Puskesmas (100%) mendapatkan kriteria tidak baik. Untuk LO didapatkan hasil satu puskesmas memperoleh kriteria baik (20%) dan empat (80%) tidak baik. Sedangkan untuk kinerja diperoleh hasil dua puskesmas (40%) mendapatkan kriteria baik dan tiga Puskesmas (60%) tidak baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak didapatkan adanya keterkaitan antara OLC dengan OLP, OLP dengan kinerja. Didapatkan adanya keterkaitan antara OLP dengan LO, LO dengan kinerja dan OLC dengan kinerja. Rekomendasi berdasarkan hasil penelitian ini adalah: Puskesmas memperbaiki kondisi OLC, OLP dan LO. Dinas Kesehatan meningkatkan peran dalam mendukung akreditasi Puskesmas dalam fungsi pendampingan, kebijakan, advokasi, anggaran, koordinasi, pengendalian dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK-2 TKA.17/17 Mar u
Uncontrolled Keywords: Akreditasi Puskesmas, Organizational Learning Capability, Organizational Learning Process, Learning Organization.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
FARIDA MARIANA, 101514453021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjazuly Chalidyanto, Dr., S.KM., M.ARS.UNSPECIFIED
Thesis advisorShrimarti R. Devy, Dr., Dra., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 08 Nov 2017 23:26
Last Modified: 08 Nov 2017 23:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66176
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item