PROMOSI LAUNDRY DI HOTEL (Studi Deskriptif Tentang Upaya Departemen Housekeeping Dalam Meningkatkan Pendapatan Laundry di Artotel Surabaya)

IFFAH YAHYA HERFANI, 151411413054 (2017) PROMOSI LAUNDRY DI HOTEL (Studi Deskriptif Tentang Upaya Departemen Housekeeping Dalam Meningkatkan Pendapatan Laundry di Artotel Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FV.PW.51 17 Her p.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FV.PW.51 17 Her p.pdf
Restricted to Registered users only until 16 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelayanan laundry yang ada dihotel merupakan fasilitas tambahan yang disediakan untuk tamu. Sebagai fasilitas tambahan yang juga ikut berperan menunjang pendapatan hotel, pelayanan laundry perlu dipromosikan agar permasalahan seperti tidak mencapainya target pendapatan laundry dapat diatasi. Promosi adalah kegiatan komunikasi yang bersifat persuasif atau mempengaruhi dan mengajak agar konsumen yakin untuk mencoba produk atau jasa yang ditawarkan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif. penulis meneliti bagaimana upaya promosi yang dilakukan di sebuah hotel. Promosi ini dilaksanakan oleh Departemen Housekeeping, dimana departemen ini merupakan penanggung jawab atas layanan laundry yang ada di Artotel Surabaya. Sehingga rumusan masalah yang dapat diteliti yaitu bagaimana upaya departemen housekeeping dalam meningkatkan pendapatan laundry Artotel Surabaya dan apakah dengan upaya tersebut, hasilnya pendapatan laundry bisa mencapai target?. Jawaban dari penelitian yang dilakukan selama 3 bulan mulai Bulan Februari sampai Bulan April tahun 2017 menghasilkan upaya – upaya yang dilakukan oleh Departemen Housekeeping Artotel Surabaya untuk meningkatkan pendapatan laundry adalah melalui promosi. Promosi tersebut dilakukan dalam beberapa cara yang dipilih dan dianggap efektif. Bentuk –bentuk promosi tersebut adalah promosi penjualan dengan membuat diskon atau potongan harga sebesar 30%. Kemudian promosi dengan cara personal selling yang dilakukan oleh room attendant. Dan yang terakhir promosi potongan harga sebesar 30% melalui media brosur yang di tata semenarik mungkin di dalam kamar tamu. Dan upaya – upaya tersebut dapat dikatakan berhasil untuk meningkatkan pendapatan laundry yang ada di Artotel surabaya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PW.51/17 Her p
Uncontrolled Keywords: promosi, laundry, hotel, peningkatan pendapatan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology > HT321-325 The city as an economic factor. City promotion
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
IFFAH YAHYA HERFANI, 151411413054UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEdwin Fatiano, S.Sos., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 15 Nov 2017 23:51
Last Modified: 15 Nov 2017 23:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66748
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item