PENGARUH NAMA MEREK BERBAHASA ASING/LOKAL TERHADAP NIAT BELI DENGAN SIKAP DAN PERSEPSI KUALITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

ELISABETH THERESA HUTABARAT, 041112390 (2013) PENGARUH NAMA MEREK BERBAHASA ASING/LOKAL TERHADAP NIAT BELI DENGAN SIKAP DAN PERSEPSI KUALITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-hutabarate-29806-8.abstr-k.pdf

Download (37kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ELISABETH THERESA HUTABARAT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tingginya animo masyarakat dalam membeli produk dengan merek asing menjadikan pengusaha lokal seringkali menggunakan merek asing untuk menamai produknya. Hal ini menjadikan merek-merek produk cenderung selalu berbahsa asing, namun di sisi lain konsumen Indonesia merupakan konsumen yang mencintai sesuatu yang berbau kedaerahan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah terdapat perbadaan hasil dari penggunaan nama merek dengan bahasa berbeda (asing dan lokal) terhadap niat beli yang dimediasi persepsi kualitas dan sikap atas merek. Penelitian ini terdiri dari empat variabel yakni nama merek sebagai variabel independent, persepsi kualitas sebagai variabel intervening, serta niat beli sebagai variabel dependent. Dalam penelitian ini, peneliti memanipulasi nama merek menjadi dua yakni merek berbahasa asing dan lokal. Sampel penelitian adalah mahasiswa S1 UNAIR Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang berusia remaja, serta memiliki niat utuk membeli pakaian. Analisis penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik analisis Independent t-test dan Regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan sikap dan persepsi kualitas dari penggunaan merek berbahasa asing dan merek berbahasa lokal dimana persepsi kualitas dan sikap terhadap produk dengan merek berbahasa asing selalu lebih positif bila dibandingkan dengan produk dengan nama merek berbahasa lokal, sementara persepsi kualitas dan sikap konsumen atas merek asing/lokal terbukti berpengaruh terhadap niat beli konsumen dimana niat beli pada produk dengan merek berbahasa asing memiliki niat beli yang lebih besar daripada produk dengan merek berbahasa lokal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 06/14 Hut p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR; LOYALITY; PRODUCT
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
ELISABETH THERESA HUTABARAT, 041112390UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGancar Candra Premananto, Dr., SE.,M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 11 Feb 2014 12:00
Last Modified: 27 Jul 2016 00:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/6794
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item