Merry Allen Florentin Fernandez, 071324553003) (2017) Keberhasilan Alas Kaki Indonesia di Pasar Italia Studi Kasus ‘CV Fortuna Shoes Bandung'. Thesis thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (abstrak)
abstrak.pdf Download (743kB) | Preview |
|
Text (full text)
full text.pdf Restricted to Registered users only until 18 December 2020. Download (2MB) |
Abstract
Keberadaan usaha kecil dan menengah tidak dapat diragukan karena terbukti mampu bertahan dan menjadi penggerak ekonomi, terutama setelah krisis ekonomi. Sektor ini telah terbukti memberikan lapangan kerja dan kesempatan bagi usaha kecil dan menengah untuk berkembang di dalam dan luar negeri. Hal in kemudian dimanfaatkan oleh salah satu industri alas kaki kulit CV Fortuna Shoes di bandung. Keunikan sistem Good Year Welted Construction terletak pada proses sole assembly dimana teknik utama spesialisasi itu dilakukan. Dengan diterapkannya teknik Good Year Welted Construction maka CV Fortuna Shoes menjadi satu-satunya perusahaan yang menjalankan proses produksi tersebut di Indonesia. Tantangan bagi CV Fortuna Shoes tidak hanya datang dari sisi eksternal, tetapi juga internal. Pada tahun 2008 terjadi krisis global yang menghantam seluruh perekonomian global. Periode ini sekaligus merupakan masa kristis bagi CV Fortuna Shoes mengingat perusahaan yang berbasis export oriented. Kompetisi dalam produksi alas kaki pun semakin ketat dengan menguatnya tingkat produksi di negara-negara produsen lainya. Masa-masa sulit ini berhasil dilalui oleh CV Fortuna Shoes, terbukti dengan posisinya sebagai salah perusahaan Indonesia yang berhasil masuk ke dalam pasar Italia. Pertanyaan penelitian yang diajukan dalam penelitian adalah Bagaimana strategi internasional CV Fortuna shoes dalam memasuki pangsa pasar Italia? Penelitian ini menjabarkan upaya yang dilakukan CV Fortuna shoes dengan menggunakan teori embedded liberalism dan konsep positioning. Penelitian ini lantas mengajukan dua argumentasi untuk menjawab pertanyaan penelitian, yaitu: (1) CV Fortuna Shoes berhasil menetapkan positioning pada citra negara dalam dimensi makro melalui promosi investasi dan interaksi dalam rezim internasional; (2) CV Fortuna Shoes berhasil menetapkan positioning pada citra negara dalam dimensi mikro melalui product equity pada pengguna dan harga-kualitas.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 THI 04/17 Fer k | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Hubungan Internasional | ||||||
Subjects: | J Political Science > JZ International relations | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Hubungan Internasional | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 17 Dec 2017 21:08 | ||||||
Last Modified: | 17 Dec 2017 21:08 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68274 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |