PENGARUH SIKAP TERHADAP PERILAKU KONSUMEN TERKAIT MAKANAN ORGANIK : EFEK MODERASI DARI GENDER

ARIMA TRIADIYANTI, 040730997 (2014) PENGARUH SIKAP TERHADAP PERILAKU KONSUMEN TERKAIT MAKANAN ORGANIK : EFEK MODERASI DARI GENDER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-triadiyant-30339-5.abstr-i.pdf

Download (39kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ARIMA TRIADIYANTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tren pengkonsumsian makanan organik di Indonesia sudah mulai diminati saat ini. Di Surabaya sebagian masyarakat rela merogoh kantong lebih dalam demi mengkonsumsi makanan bebas racun pestisida ini (Herawati, 2009). Penelitian tersebut merupakan bentuk sikap (attitude), dimana suatu penilaian atau evaluasi dari seseorang dapat berwujud positif maupun negatif. Ketika konsumen memiliki perasaan kuat terhadap makanan organik, maka mendorong konsumen untuk membeli makanan tersebut meskipun harga terbilang mahal. Perasaan kuat dan pengalaman pengkonsumsian makanan organik memungkinkan seseorang bersikap loyal dan merekomendasikan kepada orang lain. Hal tersebut tentunya juga dipengaruhi oleh faktor gender, dimana gender pria dan wanita ini memiliki psikologi yang berbeda dalam hal peran dan kebutuhan yang berdampak pada pengambilan keputusan dalam berbelanja. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan penelitian adalah : (a) Untuk menguji dan menganalisis sikap pembeli produk organik akan berpengaruh secara positif terhadap niat mereka untuk loyal mengkonsumsinya, (b) Untuk menguji dan menganalisis sikap pembeli produk organik akan berpengaruh secara positif terhadap niat mereka untuk merekomendasikan kepada orang lain, (c) Untuk menguji dan menganalisis gender akan memoderasi pengaruh sikap pembeli terhadap niat mereka untuk loyal mengkonsumsinya, gender wanita memiliki loyalitas yang tinggi dibandingkan pembeli laki-laki bila sikap wanita tinggi terhadap produk organik, namun menjadi lebih rendah ketika wanita memiliki sikap yang rendah. Penelitian ini dilakukan pada 113 responden yang berbelanja di Supermaket wilayah Surabaya seperti : Hokky Buah Ruko Graha Family, Papaya Darmo, Carrefour A. Yani dan Foodmart Sutos. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuisioner yang dibagikan kepada sejumlah responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian adalah regresi linier sederhana dan uji F. Berdasarkan hasil pengujian regresi linear sederhana dengan menggunakan program SPSS versi 17, dimana Gender sebagai variabel moderasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK - 2 B. 25/14 Tri p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
ARIMA TRIADIYANTI, 040730997UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBadri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 11 Mar 2014 12:00
Last Modified: 28 Jul 2016 09:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/6835
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item