PENGARUH EMPLOYEE CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) INVOLVEMENT TERHADAP ORGANIZATIONAL IDENTIFICATION DENGAN VARIABEL INTERVENING LEVEL OF MOTIVATION

OLIVIA ROMONDANG HARIANJA, 040912141 (2014) PENGARUH EMPLOYEE CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) INVOLVEMENT TERHADAP ORGANIZATIONAL IDENTIFICATION DENGAN VARIABEL INTERVENING LEVEL OF MOTIVATION. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2014-harianjaol-30344-5.abstr-k.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Organizational identification bisa dikatakan sebagai penghubung psikologis antara karyawan dengan organisasi perusahaan tempat ia bekerja. Karyawan yang teridentifikasi dengan organisasinya memiliki citra diri (self-images) yang telah tercampur pada nilai – nilai dan citra organisasi. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan program untuk mewujudkan bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan sekitar mereka. Melibatkan karyawan dalam kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan dapat meningkatkan organizational identification dan motivasi karyawan (Mozes et al., 2011). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh employee CSR involvement terhadap organizational identification. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh level of motivation sebagai variabel yang memediasi hubungan employee CSR involvement terhadap organizational identification. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 orang karyawan PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk Divisi Regional V Jawa Timur di Surabaya. Analisis pada penelitian ini menggunakan Path Analysis. Hasil penelitian membuktikan bahwa employee CSR involvement berpengaruh langsung yang signifikan terhadap organizational identification. Pengujian hipotesis kedua, yaitu pengaruh employee CSR involvement terhadap organizational identification dengan level of motivation sebagai variabel intervening mengacu pada teori Baron dan Kenny (1986). Hasil pengujian menunjukkan bahwa level of motivation memediasi hubungan employee CSR involvement dan organizational identification secara parsial atau partial mediation

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK - 2 B. 29/14 Har p
Uncontrolled Keywords: CORPORATE CULTURE; ORGANIZATIONAL BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
OLIVIA ROMONDANG HARIANJA, 040912141UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Sulasmi, Prof. Dr. Hj. , P.Si., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: hari
Date Deposited: 11 Mar 2014 12:00
Last Modified: 01 Sep 2016 07:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/6839
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item