SIMBOL SEKSUALITAS DALAM MUSIC VIDEO BAE BAE MILIK BOYBAND KOREA BIG BANG

Axellaudy Narulita Khairani, 071311533044 (2018) SIMBOL SEKSUALITAS DALAM MUSIC VIDEO BAE BAE MILIK BOYBAND KOREA BIG BANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.47 18 Kha s.pdf

Download (15kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.47 18 Kha s.pdf
Restricted to Registered users only until 14 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.47 18 Kha s.pdf

Download (430kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul Simbol Seksualitas Dalam Music Video “Bae Bae” Milik Boyband Big Bang ini membahas mengenai simbol-simbol seksualitas yang ada di dalam music video “bae bae”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah mengenai apakah simbol-simbol seksualitas tersebut merupakan representasi anak muda dan seks di Korea Selatan. Untuk memaknai dan menginterpretasi simbol-simbol yang ditampilkan secara visual mengenai seksualitas di dalam music video ini, peneliti menggunakan metode semiotika untuk menganalisis. Roland Barthes mengemukakan teori semiotika yang terkenal dengan mythologies atau mitos. Semiotika yang dikemukakan oleh Roland Barthes ini memiliki dua aspek kajian yaitu konotasi dan denotasi. Dua aspek kajian utama tersebut merupakan kajian utama dalam penelitian mengenai semiotik. Barthes kemudian menambahkan aspek mitos di dalamnya. Ketika konotasi dari tanda atau simbol telah menjadi pemikiran yang melekat dipemikiran masyarakat, maka mitos telah terbentuk dari tanda atau simbol tersebut. Simbol-simbol seksualitas yang ditampilkan dalam music video Bae Bae tersebut digambarkan oleh lima anggota Big Bang yaitu G-Dragon, Taeyang, Daesung, Seungri, dan T.O.P. Mereka mewakili lima karakter laki-laki yang sedeang jatuh cinta. G-Dragon yang diagambarkan sebagai anak muda yang sedang memiliki permasalahan dengan seksualitas spiritaulnya, Taeyang yang digambarkan sebagai pria maskulin, Daesung yang digambarkan sebagai goddess, Seungri yang ditinggal oleh kekasihnya dan kemudian kembali menuju spiritualitasnya, serta T.O.P yang paling menyindir kehidupan seksualitas anak muda Korea Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.47/18 Kha s
Uncontrolled Keywords: Seksualitas, Representasi, Music Video, video klip
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life > HQ31-64 Sex instruction and sexual ethics
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Axellaudy Narulita Khairani, 071311533044UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRachmah Ida, Dra., MA., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 13 Mar 2018 20:36
Last Modified: 13 Mar 2018 20:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70698
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item