UPAYA PENINGKATAN KUNJUNGAN RUJUKAN IBU HAMIL RISIKO TINGGI DARI PUSKESMAS KE RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SoE BERDASARKAN STRATEGI BUSINESS TO BUSINESS (Studi Di Puskesmas Kapan, Puskesmas Binaus, Puskesmas Kota SoE, dan Puskesmas Niki-Niki Kabupaten Timor Tengah Selatan)

ASTI PERMATASARI CHRISNA PUTRI BANOET, 101514453052 (2018) UPAYA PENINGKATAN KUNJUNGAN RUJUKAN IBU HAMIL RISIKO TINGGI DARI PUSKESMAS KE RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SoE BERDASARKAN STRATEGI BUSINESS TO BUSINESS (Studi Di Puskesmas Kapan, Puskesmas Binaus, Puskesmas Kota SoE, dan Puskesmas Niki-Niki Kabupaten Timor Tengah Selatan). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 16 March 2021.

Download (1MB)

Abstract

Mempertahankan eksistensi dari setiap organisasi pelayanan kesehatan perlu adanya upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan secara berkesinambungan, terutama peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit. Dalam menghadapi persaingan dengan rumah sakit lain maka, pihak manajemen rumah sakit perlu untuk menetapkan strategi yang tepat demi mendukung proses bisnis. Pelayanan kesehatan di RSUD SoE menjadi simpul utama yang berfungsi sebagai pusat rujukan dari Puskesmas, yang dapat membangun hubungan jangka panjang dan kerjasama dengan Puskesmas yang merupakan tujuan sebagai upaya meningkatkan kunjungan rujukan pasien ibu hamil di RSUD SoE. Tujuan penelitian adalah menyusun rekomendasi upaya peningkatan kunjungan rujukan ibu hamil risiko tinggi di RSUD SoE dari Puskesmas berdasarkan strategi relasi Business to Business. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif yaitu dilakukan pengumpulan data, diuraikan, digambarkan, diinterpretasikan secara rasional dan diambil kesimpulan dari penelitian tersebut. Lokasi tempat penelitian di 4 Puskesmas yang ada di Kabupaten Timor Tengah Selatan Hasil penelitian diantaranya belum ada bentuk reward yang diberikan kepada Puskesmas, belum ada bentuk kerjasama yang lain antara Puskesmas dan RSUD SoE selain kerjasama rujukan pasien, dan belum ada sistem informasi yang mendukung proses rujukan. Kesimpulan dari hasil penelitian ialah Financial Bond, perencanaan workshop terkait sistem rujukan ibu hamil risiko tinggi dari Puskesmas wilayah Kabupaten TTS ke Rumah Sakit.Social bond, Perencanaan pembentukan komunitas Bidan RSUD SoE dan Bidan Puskesmas.Business bond, Perencanaan pembukaan layanan customized seperti RSUD SoE menyediakan jasa konsultasi gratis bagi pasien ibu hamil yang ada di wilayah Kabupaten TTS. Structural bond, mengusulkan kesepakatan pembuatan format rujukan ibu hamil risiko tinggibersalin yang digunakan dalam sistem rujukan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 01/18 Ban u
Uncontrolled Keywords: Rujukan Ibu Hamil Risiko Tinggi, Puskesmas, Rumah Sakit, Relasi Business to Business
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA601-602 Food and food supply in relation to public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
ASTI PERMATASARI CHRISNA PUTRI BANOET, 101514453052UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorS. Supriyanto, Prof. Dr.,dr., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2018 17:34
Last Modified: 15 Mar 2018 17:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70860
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item